Fungsi Fix and Sliding Side Pada Vessel

Fix side and sliding side. Istilah fix atau sliding side biasanya terdapat pada vessel type horizontal. Fix dan sliding side sejatinya ada pada support yang bertype saddle. Pertanyaan sederhana, kenapa kita memerlukan fix slide atau sliding side?

Sederhana jawabannya, seperti kita mengulang ke bangku sekolah dimana kita mengenal bahwa setiap benda dapat memuai atau istilah sederhana nya dapat bertambang panjang. Jadi kecenderungan benda (terutama logam), kalau kena panas ia akan mengalami pertambahan panjang walaupun tak tampak di mata. Besarnya nilai pertambahan panjag itu kita kenal dengan koefiesien muai, yang nilainya berbeda antara satu dan lainnya.

efek tanpa sliding side pada vessel

Lalu kalau benda itu memuai kalau kena panas, bagaimana kalau kena dingin? ia pun mengalami penyusutan (contraction). Sekarang kembali lagi ke pressure vessel, tergantung di temprature berapa ia digunakan maka ia akan mengalami pemuaian atau penyusutan. Nah sliding side itulah yang akan mengakomodir nilai penyusutan atau pemuaian dari si vessel dengan tujuan mencegah kerusakan vessel yang secara ekstrim di tunjukan gambar di atas.

Idealnya pada satu vessel, satu saddle menggunakan fix alias tetap, sedangkan yang lain menggunakan sliding side. Indikasi untuk penentuan sliding side, biasanya dari angka 70 deg F (21 deg C) baik yang ke atas atau ke bawah. Ada satu hal yang diperhatikan, untuk saldde yang bergerak lebih dari 3/8 inc, biasanya ia di ajukan untuk mengunakan bearing saddle.


Sliding side disini jangan di artikan secara harfiah langsung dari kata sliding. Dulu saya pikir yang namanya sliding itu berarti harus mengunakan bola atau apapun yang bisa berputar. Ternyata yang namanya sliding side itu hanya sebatas ruang, ruang yang memungkinkan si saddle dapat bergerak walaupun telah di achor bolt(baut).

Satu hal lagi, penentuan sliding side biasanya oleh orang stress analisis. Dengan pertimbanngan pipa yang masuk dan expansi terhadap vessel tersebut, jadi bukan oleh orang mekanikal yang menentukan. Karena yang lebih berkepentingan disini adalah orang piping dimana nantinya akan ada stress pada piping, kalau stress itu melebihi batas yang di ijinkan akan berakibat berakibat shut down plant.

Kaidah umum untuk menentukan fix atau sliding side adalah :

1. Fixed saddle diletakan dekat pipe rack
2. Fixed saddle diletakan dengan pipa yang diameter terbesar, (pipa piperack pararel)

Dan untuk penentuan sliding side, terutama untuk junior engginer, jangan sampai tebalik. Maksudnya kita harus tau dahulu vessel ini digunakan untuk apa? kalau ia di temprature rendah maka gunakan type yang mengarah ke penyusutan, apabila ia memang untuk expansi, berikan ruang untuk expansi. Jangan sampai secara wujud memang ada sliding side, tapi kita keliru dalam memberikan antara pemuaian atau penyusutan.

Semoga artikel sederhana ini, dapat membuat lebih paham mengenai fix atau sliding side pada vessel