Type Flange Berdasarkan Face

Type Flange Berdasarkan Face. Flange di bagi menjadi berbagai macam, salah atu pembagianya yaitu berdasarkan facenya. Flange yang di artikan sebagai sambungan antara pipa dengan valve, vessel, pompa dan lainnya. Jadi yang namanya pipa dalam oil and gas kan kebanyakan dari feros, atau besi, dimana nantinya feros dengan feros itu akan di sambungkan. Mekanisme yang termudah adalah mengunakan flange ini, yang biasanya akan di kencangkan oleh mur baut.

Type Flange Berdasarkan Face
Memang kalau di kehidupan sehari hari kita mengenal jenis penyambungan mengunakan ulir, namun untuk industri oil and gas lebih umum digunakan flange. Apa alesannya digunakannya flange? Karena akan lebih mudah untuk maintenace, modifikasi atau bahkan ketika akan di ganti. Flange tersebut akan menyambungkan dari pipa ke pipa, dari pipa ke equipment (seperti halnya vessel) atau lain sebagainya. Namun antara flange dan flange ini tidak langsung di hubungkan satu sama lain, biasanya kita gunakan pula gasket. Dengan gasket ini, yang berbahan nonferous, akan menghindari kebocoran fluida antar sambungan flange.

Type dari flange paling mudah adalah dengan melihat kepalannya, atau mukannya yang di kenal dengan face. Ada tiga tipe, flate face, raised face dan satu lagi adalah ring type joint. Yang membedakan adalah semakin tinggi ratingnya, maka ia menggunakan ring type joint. Untuk type yang rendah, biasanya pakai flat face saja sudah cukup. Mari kita bahas satu persatu.

Flange Type Flat Face 

Flat face adalah flange yang memili permukaan sentuh, ke flange lainnya, yang bentuknya datar alias flat. Flange jenis ini biasanya digunakan untuk jenis baja tuang (cast iron) dan juga galvanize. Sedangkan untuk type gaseket yang diguanakan, biasanya berupa flat sheet atau full face.

flat face flange

Flange Type Raised Face 

Sesuai namanya, flange type ini memili permukaan sentuh yang lebih tinggi, atau istilahnya raised. Raised facenya ini biasanya di tenggah, jadi kalau kita lihat dari samping persis seperti gambar di bawah.

raised face flange
Flange jenis ini biasanya digunakan untuk rating yang medium, ukuran untuk fluida biasanya C150 ~ CL900. Sedangkan untuk gasketnya, biasanya menggunakan spiral wood gasket.

Flange Jenis Ring Type Joint 

Type flange ini biasanya digunakan untuk rating yang tinggi, biasanya di rating 900# sampai denganke atas. Sesuai namanya, type flange ini nantinya akan menggunakan ring sebagai gasket atau penyekat. Gasket tersebut nantiya akan ditempatkan pada ruang yang tersedia pada flange, pada dasarnya memang seperti halnya raised flange, namun lebih besar raisednya karena yang di masukan adalah ring atau cincin.

ring type joint
Add caption
Pada type ini biasanya digunakan untuk fluida yang memiliki nilai airlan CL900 up, atau kalau menurut projects pesification yang pernah saya baca, untuk RTJ (ring type joint) digunakan pada rating 900#. Kurang lebih, itu penjelasan sederhana mengenai type flange dari segi facenya. Lain kali, kita akan lanjutnya mengenai type type flange.