Type Head Pada Vessel



Salah satu bagian dari vessel (seperti yang pernah saya jelaskan dalam bagian bagian pressure vessel) adalah head, atau istilahnya kepala. Head pada vessel sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, yang setiap darinya memiliki fungsi masing masing. Ada beberapa buku yang menjadi rujukan, seperti buku Pressure Vessel Handbook, karangan Eugen F. Megyesy ataupun Pressure Vessel Design Manual karangan Deniss Moss, namun keduanya tidak memberikan detail mengenai type head.

Di lain literatur, memang ada yang menjelaskan type head namun bukan dari sisi fungsi melainkan gaya yang bekerja kepadanya. Dan lewat artikel ini, saya berusaha untuk mengkombinasikan dengan pengalaman dan ilmu yang saya dapet dari kerjaan, saya akan membaginya menjadi beberapa bagian.

Jenis head pada vessel 

1. Elliptical (elipsnoidal head) 

Head Type Elipsnoidal
Elipsnoidal head adalah type yang paling umum, head ini seperti namanya yaitu di bentuk oleh ruang elips. Biasanya paling umum adalah type 2:1 elipsnoidal. Pertanyaan sederhana, kenapa 2:1? ya karena ini elips, jadi antara diameter vertikal dan horizontal perbandingannya sekitar 2 banding 1. Berbeda dengan bentuk lingkaran normal yang baik horizontal maupun vertikal memiliki nilai radius yang sama.

2. Type Hemisperical 

Head Type Hemisperical
Hemi sperical, dikenal juga dengan sebutan shapre, yaitu head yang di buat dengan diameter sempurna R. Kalau kita kenal dengan bola, jenis head ini adalah setengah dari bola.

3. Type Conical 

Head Type Conical
Cone ini salah satu jenis head yang selanjutnya, meski jarang saya temu di beberapa proyek, namun saya pernah menemuinya di pig. Pig receiver atau pig laucher menggunakan jenis cone ini, meski pada dasarnya pig bukan lah vessel atau equipment.

4. Type Torispherical 

Head Type Torispherical
Torisperical ini termasuk jenis selanjutnya, jenis torispherical adalah yang paling umum. Memang agak sedikit membingungkan antara type torispherical dengan 2:1 elipsnoidal. Lain waktu, kalau memang saya mengetahui apa perbedaan mendasar, saya akan bagikan kembali di web ini. Yang sebatas saya tau, torispherical adalah type head yang di rekomendasikan oleh ASME.

Head Type Torispherical
Untuk type torispherical ini ia memiliki cown radius “R” dan juga kita mengenal jenis knuckle disini, yaitu bagian samping dari sisi sisi head. Dibagian knucle inilah biasanya kita tidak boleh ada nozzel seperti hal yang diungkapkan oleh asme. Salah satu yang saya tangkap, karena bagian ini adalah yang paling tipis, bagian yang mengalami penyusutan ketebalan paling besar ketika head dibentuk melalui proses forging.

5. Type Flat 

Sesuai namanya, vessel ini memiliki head berupa flat alias tidak berbentuk cekung. Saya sendiri belum pernah menemuinya dalam pembuatan, tapi kalau di beberapa literatur seperti yang saya sebutkan di awal, memang disebutkan jenis ini.

6. Type Flange 

Flange juga bisa di jadikan sebagai head, biasanya di gunakan untuk yang type vertikal dengan diameter yang tidak terlalu besar. Ada pula yang memang menggunakan head type flange, coba saja kita melihat Shell and tube heat exchanger (STHE), biasanya pada bagian headnya ada yang mengunakan type flange dengan tujuan mempermudah untuk instalasi tube.
Head Type Flange

Itulah beberapa type head, mungkin ada beberapa yang kurang detail penjelasannya, lain waktu dan kesempatan insyaaloh saya akan membahas kembali mengenai type head pada vessel.