Cara Memahami Piping Instrument Diagram

Dalam artikel sebelumnya telah sedikit disingung mengenai PID termasuk pula bedanya dengan PFD. Namun hal tersebut saya yakin belum serta merta membuat anda paham dengan PID. PID adalah kumpulan symbol dan proses serta instrument, anda harus membiasakan diri sehingga anda akan lebih paham. Saya sendiri terus terang belum 100% paham mengenai PID, tapi mari kita belajar bersama. Sambil belajar, saya akan menuliskannya untuk anda.

Dalam sebuah PID, ia akan memberikan sebuah diagram skematik dari piping, proses control, dan instrument apa saja yang berperan dalam system tersebut. PID ini memberikan informasi penting bagi semua pihak, termasuk pula kontraktor dan vendor untuk membuat ekuipment yang dibutuhkan. Kalau kita kaji lebih lebih cermat, maka dalam informasi PID kita dapat melihat konsep safety yang ada di dalam plant.

Hal utama dalam memahami PID, anda harus memahami dahulu legend-nya. Legend adalah suatu konsep yang telah di sepakati berbagai pihak, sehingga setiap orang akan memiliki paradigma yang sama mengenai simbol tersebut. Dalam sebuah PID, terutama untu project yang berbeda, maka bisa jadi legend nya pun akan berbeda, jadi anda harus tetap melihat dan memahami legend yang digunakan dalam PID tersebut. Setelah anda membaca dan memahami legendnya, anda diharapkan akan lebih mengerti proses apa yang terjadi di sana.

Memahami PID,

Di dalam legend, akan memuat istilah istilah (singkatan), sistem penomeran, system kelas piping material, symbol symbol (yang menunjukan ekuipment, valve dan lainya), jenis ekuipment, jenis garis yang digunakan dan lain sebagainya. Jadi, kalau anda hanya menemukan satu lembar PID, anda harus tetap mencari legendnya, pastikan memahami dahulu legendnya.

Yang kedua masalah proses. Kalau untuk hal ini sepertinya tidak lah terlalu sulit, anda hanya perlu melihat arah garisnya, dari mana dan bermuara kemana. Dari situ, anda akan dapat memperkirakan seperti apa porses yang terjadi. Yang penting adalah, kadang kala PID sering terpotong dengan yang lain, maksudnya lanjutan halamanya bisa jadi ada di halaman lain yang terkadang tidak urut.

Cara Memahami PID

Dari gambar di atas, anda harus memahami dimana anda berada dan kemana anda akan menuju. Anda berada di halaman (311) dan anda mungkin akan ke halaman (325) atau (327)

Cara Memahami PID 

Selanjutnya masalah instrument. Anda harus paham instrument tersebut digerakan oleh apa, dan apa yang mengerakan. Misalnya contoh di atas, instrument tersebut bertuliskan IA, artinya instrument air (digerakan oleh udara). Apa yang menjadi pemicunya, anda perlu menelusuri garis instrument tersebut bermuara kemana. Biasanya garis putus putus atau garis lain tergantung legendanya.

Pertanyaan serderhana, ko ada instrument segala? Bukanya PID dibuat oleh orang proses dan menunjukan proses dari suatu plant? Benar memang menunjukan proses, tapi dari namanya saja kita tau, Piping and instrument diagram. Jadi ada instrument di dalamnya, ada orang instrument yang nantinya ikut merencanakan PID.

Memahami Piping and Instrument Diagram 

Yang tak kalah penting, selanjutnya anda harus memahami revisi berapa PID yang anda gunakan. Anda harus mengguakan PID yang terbaru yang dikeluarkan oleh departemen proses. Kalau anda mengunakan PID yang lama, kesalahan akan sangat fatal, karena apa yang anda kerjakan bisa jadi sia sia. Kalau anda melakukan pekerjaan dengan mengacu pada PID lama, PID tersebut bisa saja sudah di update, jadi sudah banyak perubahan yang ada di PID revisi terbaru. Disamping melihat revisi terakhirnya, anda pula harus melihat perubahan apa yang terjadi dalam PID, biasanya di tandai dengan cloud (motiv awan).

Memahami Piping and Instrument Diagram 

Yang terakir, pada dasarnya semua informasi ada didalam Piping and Instrument Diagram. Anda tinggal jeli melihatnya, kalau anda dari mechanical, anda dapat melihat properties vessel akan beroperasi di termprature berapa, dan nozzle itu kemana dan operasinya apa, semuanya ada di PID. Untuk ketinggian fluida dalam vessel, pressure yang akan dilepaskan ke udara jika terjadi over pressure, semua ada di PID. Tinggal anda membiasakannya dan rajin bertanya, anda akan memahami Piping and Instrument Diagram.

2 Responses to "Cara Memahami Piping Instrument Diagram"

  1. Maaf mas, gambarnya kurang besar tidak bisa dilihat.
    Sebenarnya materinya bagus mungkin bisa diperbesar gambarnya.
    Sama mau tanya mas, apa untuk tiap revisi harus ditandai dengan cloud? dari revisi pertama sampai revisi terbaru?
    kalo iya berarti gambarnya penuh dengan cloud?
    apa maksudnya misalkan dari revisi 0 ke revisi 1 dikasih cloud, terus untuk revisi 2 cloud revisi 1 dihapus?
    ditunggu jawabannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk gambar, thanks masukkannya. lain materi akan di perjelas kembali dan di beri gambar yang cukup jelas.

      Untuk cloud, memang akan di berikan untk setiap kenaikan revisi. tujuannya, kita akan tau dimana perbedaannya dengan revisi sebelumnya. dan bisanya pula, ada mark up atau tanda (biasanya segitiga) yang menandakan kalau itu naik ke revisi berapa? misalnya di dalam segitiga ada tulisan B03, berarti yang di cloud tersebut mengalami perubahan ke revisi B03.

      memang akan penuh dengan cloud, tapi masih cukup terlihat jelas dan terbaca ko.
      kalau untuk cloudnya, seingetku hanya untuk ke revisi selanjutnya. kalau revisi 0 ke 1, ada cloud di revisi kesatu. namun dari rev 1 ke dua, yang Cloud di revisi per tama se ingetku di apus. itu makanya kita perlu mengehek setiap revisinya. terutama kalau yang sedang kita cari di cloud, kita perlu check revisi revisi sebelumnya untuk memastikan.

      Delete