Jenis Beban Dalam Sistem Pemipaan



Dalam system pemipaan, terutama yang sering mengunakan Caesar kita akan menemukan istilah sustain, occasional, dan expansion. Pertanyaannya adalah, apakah kita sudah pahan ketiga beban tersebut? Lalu apa si yang mempengaruhi ketiga beban tersebut?

Untuk memperdalam masalah tersebut, mari kita bedah satu persatu menganai sustain load, occasional load ataupun expansion load.
beban pada pipa

Sustain load

Sustain kalau diambil dari Bahasa ingrisnya langsung artinya adalah menopang atau menahan. Sustain load adalah jenis beban yang sifatnya continue, dia akan selalu ada selama proses operasi si plant ataupun si pipanya.

Pertanyaannya kira kira beban apa yang selalu ada? yang jelas beban dari pipa itu sendri dan beban pressure saat beroperasinya pipa.

beban sustain pada caesar
Faktor dari sustain load adalah :
1. Design Pressure -> P (pada Caesar)
Tekanan Disain adalah tekanan maksimum yang mungkin terjadi pada kondisi operasi.
2. Operating Weight -> WW (pada Caesar)
Berat Operasi adalah berat dari pipa, berat dari fluida, ditambah dengan berat Insulasi, dan komponen yang berada pada sistem tersebut

Occasional Load

beban occasional psv
Occasional sesuai namanya adalah kadang kadang atau jarang. beban occasional dapat diartikan adalah beban yang jarang terjadi ada, namun tetap di perhitungkan dalam system pemipaan kalau kalau memang beban tersebut terjadi.

Contoh dari Occasional load ini adalah angin, gempa, salju (snow), fenomena alam lainya, unusal plant operating (seperti relief valve), dan lain sebagainya. Intinya adalah beban yang di kategorikan sebagai occasional load itu hanya bekerja sekitar 1-10% dari total operasi system.

Yang membedakan dengan sustain load, beban tumpuan pada occasional load itu tidak sama dengan pada beban sustain. Kalau beban sustain di angap homogen, ditopang oleh seluruh pipa (terdistribusi merata pada pipa), namun tidak untuk occasional. Misalnya, ketika salju turun, dia akan turun dimanapun ia mau, hal tersebut yang membuat kita perlu memperhatikan pula beban occasional. Jadi system di desain harus mampu menahan beban occasional degan sustain.
beban occasional  pada caesar

Expansion load

Expansion ini maksudnya adalah pertambahan panjang. Jadi setiap beban yang diakibatkan oleh pertambahan panjang dari pipa, digolongkan dalam expansion load.

beban expansion  pada caesar
Expansion load diartikan sebagai beban yang ditimbulkan akibat ditahannya expansion atau contraction suatu pipa, yang mengalami pemuaian ataupun pengkerutan akibat temperatur fluida yang mengalir didalamnya.

Jadi kalau pipa terkena panas yang cukup tinggi, maka pipa akan memuai. Apabila pemuaiannya itu di tahan, maka ia akan menimbukan tegangan yang sangat tinggi, oleh karenannya kita perlu membiarkan pipa itu meregang tanpa menimbulkan teganan yang berlebihan. Kita perlu mengendalikan perubahan panjang pipa itu, biasanya kita akan mengunakan expansion loop.

0 Response to "Jenis Beban Dalam Sistem Pemipaan"

Post a Comment