Pengertian dan Penggunaan Utility Station Dalam Plant



Utility station adalah sebuah istilah untuk kumpulan beberapa pipa yang bertugas untuk maintanance atau operasional personil yang letaknya central (terpusat) dan biasanya terdiri dari steam, water, air dan nitrogen. Biasanya, utility station di gunakan dalam process plant (refinery, petrochemical, plant, chemical plant, power plant, etc). Pengunaanya bukanlah pilihan, melainkan suatu keharusan.

Mengapa untility station di butuhkan?

Karena penempatan piping facility dengan maintenance adalah aspek yang sangat penting dalam sebuah desain, ia menunjukan kualitas sebuah desain. Maksudnya apa? sebuah plant dengan desain yang sangat bagus sekalipun, tanpa mempertimbangkan atau menyediakan fasilitas untuk maintenance adalah nonsens, desain tersebut tidak bagus. Dan utility station adalah salah satu aspek yang harus di perhitungkan dalam maintenance, karena fungsinya yang sangat berkaitan dengan maintenance.

utility station di plant
Dalam satu unit utility station, biasanya ia mampu mencover area 50'-0", artinya dalam radius 15m itu dapat terjangkau oleh satu utility station. Pengunaan umum untuk utility station intinya dalah untuk bersih bersih, dan biasanya mengunakan urutan SWAN. kepanjangan dari Steam (uap), Water (air), Air (udara terkompresi), Nitrogen.

Maksudnya urutan seperti apa? yaitu dalam satu unit utility station terdiri dari 4 pipa (biasanya), yang isinya Steam, Water, Air & Nitrogen yang posisinya di urutkan satu dengan yang lainya. Jadi sejajar, satu pipa yaitu steam, sebelahnya adalah water, sebelahnya lagi adalah air dan terakhir nitrogen. Walaupun masing masing memiliki hose connector yang berbeda beda, isu penempatan dan urutan menjadi pertimbangan desain. 

Penamanan itu sebenarnya bukan keharusan, namun ada faktor desain umum yang memang biasa menggunakan urutan tersebut. Intinya adalah savety, dengan menerapkan SWAN, maka orang sudah terbiasa dengan istilah tersebut jadinya ia tau dimana urutannya. Namun kalau memang mengunakan urutan yang lain, pada intinya harus konsisten. Kalau satu urutan telah digunakan, pastikan semua utility staion itu mengunakan urutan yang sama. Karena akan sangat berbahaya kalau seorang ingin mencuci tangannya mengunakan Water (air), namun yang keluar adalah Steam (uap).

Penggunaan Utility Station

Steam, untuk mencuci hidrocarbon fluid (steamed clean),
Water, untuk mencuci tumpahan yang larut dalam air.
Air, digunakan untuk instumrent, terutama yang membutuhkan pneumatic power.
Nitrogen, untuk purging fluids dan gas dari piping sistem ketika maintenace atau repair.

Ukuran Pipa Pada Utility Station

Pada umumnya, pengunaan ukuran dari utility station adalah sebagai berikut: untuk steam biasanya ukurannya 3/4 minimum, sedangkan untuk air dan water adalah 1 inch. Tujuannya untuk membersihkan lokasi di sekitar ekuipment. Untuk steam biasanya mengunakan fitting berjenis globe valve, sedangkan untuk air dan water mengunakan gate valve. Semuanya terkoneksi dengan hose connection yang tingginya sekitara 3 1/2 ft (sekitar 1 meter) dari atas permukaan tanah atau paving.

Jarak radius coverage nya 15m,
Mengunakan flexible hose.
mengunakan satu bundel yang di sebut utility station,

Penempatan Utility Station


 Peta Utility Station
Utility station biasanya posisinya di tentukan, maksudnya memang di buat petanya di mana letak utility station tersebut dan dilengkapi jarak coveragenya. Tujuannya, selain agar personil mudah dan tau letak US (singkatan dari utility station), ia bisa memperkirakan kalau ia ingin membersihkan area tertentu, maka Utility station mana yang paling dekat, ia bisa tau dari peta tersebut.

Di samping peta yang menujukan lokasi, biasanya di sebutkan pula nama US tersebut. Selain itu, disebutkan pula dalam satu US ia terdiri dari apa saja? semua terdapat kah? atau hanya Steam, Water, Air tanpa nitrogen. Atau hanya Water, air dan tanpa steam, semuanya di sebutkan dalam map, tepatnya utility station map. 


1. Offsite Area

  • Pompa,
  • Loading bays, ketika wahsing dan cleaning dibutuhkan,

2. On SITE

  • Piperack,
  • Compressor,
  • Column,
  • dan area dimana sering untuk maintenance dan operating.

Susunan Pipa Utility Station

Gambar susunan utility station contohnya adalah sebagai berikut :

susunan brach utility station
Kalau di perhatikan, untuk branch steam dan air (udara) ia mengambil dari atas header, tentu punya alasan. Yaitu agar kalau terjadi endapan atau sediment, endapan tersebut tidak ikut terbawa oleh pipa nya karena di ambil dari atas, endapan akan tetap tinggal di bawah sesuai prinsip grafitasi.

Satu lagi yang ingin saya sampaikan, di water ada dua jenis yaitu potable water and service water. Untuk potable water adalah jenis water yang dapat di minum, bisa juga untuk membersihkan mata atau untuk sanitasi, bersih bersih yang berhubungan dengan badan manusia. Water jenis ini kualitasnya sudah baik oleh karenanya dapat di minum.

Untuk sekala kecil, potabel dapat di transportasikan mengunakan truk. Namun untuk sekala besar, biasanya plan sudah menyediakan unit pengolahan untuk air, contohnya adalah menyediakan desalination dari air laut untuk di saring garam dan mineralnya menjadi air yang dapat diminum.

Sedangkan service water adalah jenis water dari hasil treated (pengolahan) yang digunakan untuk keperluan misalnya bersih bersih kotoran di plan, atau untuk memadamkan api misalnya. Untuk utility water, biasanya mengunakan jenis service water.

0 Response to "Pengertian dan Penggunaan Utility Station Dalam Plant"

Post a Comment