WI E3D : Mengatur Koneksi Flange Pada Valve



Di E3D, kalau kita membuat Valve dengan 2 point, Seperti regular (ball) valve tentu akan mudah untuk koneksi inlet outlet nya. Namun bagaimana kalau valve tersebut memiliki 3 koneksi, dan koneksinya ternyata perlu kita rubah misalnya dari inletnya P1 ke P3 di model E3D. Oleh karena itu, saya akan coba jelaskan sedikit, bagaimana mengatur koneksi flange pada valve, terutama valve yang memiliki lebih dari 2 koneksi. 

Flip Komponent E3D

Flip Untuk Koneksi Flange di Regular Valve 

Untuk Valve yang sebelumnya saya sebutkan, misal kita mau merubah dari inlet valve, menjadi outlet valve di model E3D. Maka kita bisa merubah mengunakan tool Flip, item E3Dnya ada di : 
  1. Masuk Ke Disiplin Piping 
  2. Pilih Component, di group Modify. 
  3. Lihat di Orientation, ada Opsi Flip. Icon Valve di Baris Kedua 
Tools nya, letak nya ada di sekitar pojok kanan bawah (kalau meletakan toolbarnya di kanan), sekitar di bawah untuk Piping Component Editor di E3D. Dan perhatikan hasilnya, seharusnya sudah berubah di tampilan E3Dnya. Kalau belum berubah, coba di rem ce kemudian add ce. 

Mengatur Koneksi Flange di 3 Way valve E3D

Sebelumnya untuk vave dengan dua point, yaitu seperti regular valve biasa dimana hanya ada inlet dan outlet masing masing satu. namun bagaimana untuk valve yang ada 3 point, seperti halnya 3 way valve, dimana memiliki 3 koneksi. Untuk merubahnya, kita bisa mengunakan Toolt Change Flow Trough Component. Item nya ada di : 
  1. Masuk Ke Disiplin Piping 
  2. Pilih Component, di group Modify. 
  3. Lihat di Other, ada Icon Tee (dengan nama Change Flow Trough Component) 
Untuk Gambarnya tampilannya, akan seperti berikut

Koneksi Flange Pada 3Way Valve E3D

Dari sana, bisa di modified pipa kita (flange Koneksinya) mau ke arah yang mana dari 3 Way tersebut. Menunya berbentuk drop down, jadi kita tinggal pilih kemudian di apply, lalu dismiss kalau sudah selesai dengan perubahannya. 

Mod Component E3D

Change Flow E3D piping Componet 

Sebagai catatan, guide E3D ini bukan hanya untuk valve saja, namun bisa untuk Tee atau Cross. Sehingga, untuk item piping komponent di E3D yang sudah terlanjur terbentuk, bisa di modified mengunakan cara ini, yaitu cara Mengatur Koneksi Flange Pada Valve.

0 Response to "WI E3D : Mengatur Koneksi Flange Pada Valve"

Post a Comment