Perbedaan Machine Bolt dan Stud Bolt

Machine bolt and stud bolt memiliki fungsing yang berbeda dalam sebuah sistem pemipaan. Walaupun sama sama baut (bolt), tapi penggunaanya memiliki karakteristrik yang berbeda.

Baut sendiri adalah tipe dari fastener atau yang lebih dikenal dengan pengencang. Biasanya digunakan untuk mengencangkan dua bagian menjadi satu. Dalam piping sendiri, baut sering di gunakan untuk mengencangkan flange.

perbedaan machine bolt dan stud bolt

Pengertian Machine bolt dan stud bolt


Baut dalam piping di bedakan menjadi dua jenis, yaitu : stud blot dan machine blot. Machine bolt adalah jenis baut yang sering kita lihat sehari-hari, ia hanya memiliki satu buah mur (nut). Machine bolt memiliki permukaan rata pada satu ujungnya, sendangkan ujung lainya biasanya untuk mur (nut)nya.

Sedangkan studbolt, memiliki dua buah mur yang dapat di kencangkan dari sisi kanan atau kirinya.
Penggunaan stud bolt pada flange Stud bolt biasanya digunakan pada sambungan flange yang menghubungkan antar pipa atau ekuipment tertentu.

stud bolt dan kelebihannya

Kenapa ia di gunakan dalam flange? Karena studbolt memiliki beberapa keungulan dibanding dengan machine bolt, diantaranya adalah :

1. Studbolt lebih mudah di buka jika berkarat (rusak)
2. Memiliki diameter yang seragam (tidak ada head)
3. Studbolt yang jarang di gunakan dapat mudah di buat dari baja padat (round stock)

Namun studbolt punya satu kelemahan, yaitu kadang ia membingunkan arahnya kalau di lepas atau di kencangkan.

Kelemahan dan kelebihan machine bolt


Machine bolt cenderung lebih gampang rusak karena seluruh panjangnya harus mengakomodir gaya ketika terjadi torsi. Ketika di puntir untuk di kencangkan atau di kendurkan, maka seluruh badan pada machine bolt akan mengalami tengangan puntir, hal ini yang dapat berpotensi mengalami
kerusakan. Demikian menurut Deanna sclar, pengarang dari “auto repair for dummies”.

fungsi bolt

Bandingkan dengan studbolt, ketika ia di kencangkan, hanya mur nya saja yang bergerak sehingga mengurangi resiko kerusahkan. Sedangkan keungulan dari machine bolt, ia memiliki satu kepala sehingga ia bisa di fungsikan sebagai skrup (screw). Yang mana ia bisa di kencangkan tanpa
membutuhkan nut ataupun washer pada boltnya.

2 Responses to "Perbedaan Machine Bolt dan Stud Bolt"

  1. kebanyakan saya menggunakan machine bolt saja...., karena ya itu dia,,kepalanya berfungsi sebagai screw....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  2. Kalo yg buat as kebanyakan yg machine ea, Bos?

    ReplyDelete