Pengertian Upstream Down Stream dalam Piping Instrument Diagram



Mengenai Upstream dan Downstream pernah saya bahas di artikel sebelumnya, namun pengertian upstream down stream tersebut lebih umum dalam pengolahan oil and gas. Saya menyebutkan bahwa, upstream adalah proses explorasi sedangkan downstreamnya adalah proses pengolahan.

Namun, pengertian upstream dan downstream juga berkembang di berbagai tempat, oleh karenanya pergertiannya pun tidak sama. Dan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai beberapa pengertian upstream dan downstream di bidang piping lainnya, salah satunya di piping instrument diagram.

Upstream downstream pada PID

Dalam PID, berkembang pula istilah upstream dan downstream. Karena di dalam PID terdiri dari berbagai macam line (yaitu jalur pipa), maka upstream dan downstream tersebut adalah istilah yang melekat untuk line yang ada di PID. Untuk sedikit memahami PID, silahkan baca artikel di Memahami PID.

Upstream adalah line dimana ia pertama kali muncul, yaitu dimana line tersebut born (lahir dalam PID). loh bukanya semua line akan muncul dalam PID? ya memang benar, dalam satu PID akan ada banyak line. Namun yang di maksud upstream line dalam PID di sini, adalah ketika line tersebut cukup panjang, dan berhubungan ke PID selanjutnya. Jadi satu line tersebut, di sebutkan dalam dua atau lebih lembar PID.

Misalnya contoh berikut, Berikut adalah PID A.
PID Upstream
Lihat line 041-LG-71003-4"-0S3-I, dalam PID A (lihat warna balok kuning 042-PID-4003-001, ini menunjukan halaman atau nomer dari PID), dia line ini mulai muncul (atau lahir) yang kemudian line ini nyambung ke PID selanjutnya di PID B (042-PID-4004-001), maka upstreamnya line 041-LG-71003-4"-0S3-I adalah di PID A. Bukan di PID B, karena lahir atau pertama kali munculnya yaitu di PID A. Kita bisa lihat pula dari arah garisnya, kalau di PID A, arahnya arah keluar (menuju PID selanjutnya), Sedangkan di PID B, arahnya adalah arah datang (dari PID A).

Sambil sedikit memperdalam mengenai PID, ketika kita mencari line, sebenarnya kita sudah di permudah dengan kode yang ada setiap keluar dan masuk nya PID (Tanda nomer 1). kalau di lihat di contoh di atas, maka kodenya adalah 2244. kode ini akan sama ketika keluar dan masuk dari satu halaman PID ke halaman PID selanjutnya,kode atau angka ini akan mempermudah kita dalam mencari line dalam suatu PID. Apalagi kalau line tersebut banyak sekali, kita akan di permudah dengan mengetahui patokan nilai ini.Kode ini adalah unik, jadi hanya satu di sebutkan untuk satu koneksi, tidak mungkin ada dobel kode.

PID Downstream
PID B
Di sisi setelah kode yang di bahas di atas, adalah halaman PID (tanda nomer 3). jadi kita akan tau lanjutan dari line ini (line 041-LG-71003-4"-0S3-I) ke PID berapa. Di samping itu, di bagian bawahnya adalah sistem atau keterangan lain dari sistem yang akan di tuju dari line tersebut. Yang jelas, ketika membaca PID, kita harus mencari tau dulu legend nya. karena semua kode dan informasi dari PID, dapat di temukan di Legend PID.

Setelah kita menemukan upstreamnya di PID A, lalu dimana downstream dari line 041-LG-71003-4"-0S3-I. Yaitu lawannya berarti ada di PID B. Ingat, upstream hanya satu, namun downstream bisa lebih dari satu. Misalnya, kalau si line ini nyambung ke lebih dari 2 PID, maka sisanya adalah merupakan downstreamnya.

Upstream Downstream pada PSV

Sebenarnya, upstream dan downstream pada psv mirip dengan yang ada di PID. ya memang karena sistem line di PSV sendiri pasti ada di dalam PID. Namun, pada PSV upstream dan downstreamnya biasanya memiliki nama (line) sendiri, lalu bagaimana membedakanya?

PID upstream downstream pada PSV

Mudah saja, kita bisa menterjemahkan upstream downstream secara terminologi. Upstream, dari kata up dan stream, UP artinya naik. Berarti dimana line tersebut yang mengarah naik alirannya, itulah upsreamnya. Bisa juga di lihat dari PSVnya, kalau line itu sebelum PSV, maka line itu adalah upstreamnya. Lalu cara tau sebelum dan sesudahnya? lihat di PID, di sana ada arah alirannya.

Sedangkan downstreamnya, down nya adalah turun, jadi aliran di downstream biasanya turun dari PSV ke header atau sub header dulu. Itu untuk PSV dengan close system, dimana presure lebihannya di tampung kembali ke header atau subheader. Sedangkan untuk PSV open system, berarti upstreamnya teteap sama. Upsteramnya adalah pipa sebelum PSV dimana alirannya masuk ke PSV. sedangkan downstreamnya adalah pipa di mana dari PSV yang mengalirkan presure ke atmosfer. Bagaimana? sudah cukup paham mengenai upsteream dan downstream?

2 Responses to "Pengertian Upstream Down Stream dalam Piping Instrument Diagram"

  1. sepertinya terbalik antara gambar PID A, dan PID Bnya gan. coba di check gan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Ya gan, Sudah di perbaiki ko.

      Delete