Mengenal Male Female flange & Tongue Groove Flange



Berkenaan dengan pertanyaan dari kolom komentar di jenis jenis flange mengenai male dan flemale flange, maka sedikit uraian artikel ini akan coba membahas mengenai male flange dan pasangannya, female flange.

Walaupun, sebenarnya sudah agak telat membahasnya, karena sudah dari jaman kapan pertanyaannya tapi baru di tulis sekarang. Ya maklum lah, karena memang asli sibuk dalam dunia nyata. dan lagi, istilah male female flange memang jarang saya temui, pernah saya dengar namun saya belum saya temui langsung di lapangan, ya mungkin karena pengalaman penulis yang masih sedikit. Tapi tak apa, saya mencoba menjawabnya sekalian saya belajar.

Male and female flange adalah jenis flange yang sepasang, berbeda dengan jenis flange lainya, maka jenis flange male female ataupun tongue flange adalah satu pasang. Yang artinya, ia tidak bisa di pasangkan dengan jenis lainya, karena ukuran dan size serta permukaanya yang tidak match, melaikan dengan pasangannya itu sendiri. 

Baik male female flange ataupun Tongue-and-Groove (T&G) salah satu pasangnya ada yang memiliki permukaan yang menonjol, dan satu pasangnya memiliki coakan (groove) yang pas dengan pasangannya.

Tongue and Groove Flange


Untuk tipe Tongue-and-groove biasanya ditemukan di pompa dan valve bonnets. yang membedakan Tongue-and-groove flange dari male ataupun female flange adalah coakan tidak sampai ke dalam lubang flange, jadi hanya coakan kecil. Dengan ini maka posisi gasket akan terlindung dari dalam dan luar (untuk detailnya sialahkan liat gambar di bawah).

male female flange vs Tongue and Groove Flange
bisa di lihat bedanya di atas, untuk tongue coakanya hanya kecil, dan di apit lagi dengan pasangannya. Untuk yang groove flange nya, mirip dengan tipe flange RTJ. Sedangkan untuk yang male female flange, maka coakan nya tidak kecil, melaikan menyeluruh. Untuk tipe flange male nya, mirip dengan raised flange.

Tipe Tongue-and-Groove memiliki keuntungan karena dari desainya ia merupakan tipe yang mudah untuk di align (diluruskan), disamping itu dengan adanya coakan ini maka ia akan berfungsi sebagai tempat berkumpulnya bahan perekat.

Male Female flange

Jenis male female flange juga harus match (artinya ia harus tepat ke pasangannya). untuk male flenge, ia memiliki area yang muka (atau permukaan) yang lebih menonjol, mirip dengan raiced flange. (untuk mengenthui apa itu raise flange, bisa baca artikel saya di jenis flange berdasar face nya).

Sedangkan yang female nya punya permukaan yang menjorok ke dalam yang pas dengan si male flagenya. pengunaan umum dari male female flange ini biasanya di temukan di shell heat excangeer, untuk chanle and cover flangenya. permukaan terluar dari female flange berfungsi sebagai tempat dan penahan gasket.

male female flange vs raised flange

Coba perhatikan dengan sekesama face flange di atas, untuk yang tipe male flange dari male female flange, mirip sekali dengan raised face, makanya kondisi ini di lapangan bisa saja tertukar, apalagi bagi orang awam yang memang belum punya pengalaman mengenai flange ini.

Keuntungan pengunaan dari male female flange adalah

Kemampuan penyekatan (seal) yang baik, lebih presisi. Hampir tidak ada kasus untuk kebocoran pada tipe flange ini.

Kelemahannya adalah,

Diperuntukan untuk pengunaan komersial alias harganya mahal. Pengunaannya yang tidak umum membuat orang bisa tertukar dengan jenis flange lainya, misalnya raised flange. Disamping itu, tipe raised flange lebih dipilih daripada type male atau female flange, alasannya adalah raised face ketersediaanya lebih banyak dan lebih cocok di pasangkan untuk beberapa jenis valve. disamping itu, male female flange memiliki aturan yang cukup keteat diamana pipanya harus cukup kaku dalam desainya.

0 Response to "Mengenal Male Female flange & Tongue Groove Flange"

Post a Comment