Mengapa Plant North berbeda dengan North Sesungguhnya?



North Plant adalah arah utara dari plant atau project yang berlaku hanpa pada project tersebut. Arah utara tersebut merupakan arah utara hasil kesepakatan, bukan merupakan arah utara yang sebenarnya sesuai dengan kompas. Lalu kenapa arah utara plant north berbeda dengan arah utara sesunnguhnya? dalam artikel ini akan saya bahas.

Kenapa Arah Utara Selalu Menghadap Ke Atas?

Arah Utara Pada Peta
Utara merupakan arah yang umum digunakan sebagai penunjuk arah, contoh sederhana misalnya di peta, arah utara selalu di sebutkan dan biasanya di tunjukan dengan arah ke atas. Bahakan di HP kita, ketika mengunakan gmap maka utara pun di sebutkan. Pertanyaan selanjutnya, kenapa arah utara yang di jadikan patokan? kenapa juga menghadapnya ke atas?. Sebenarnya semua ini pada dasarnya adalah sebuah kesepakatan bersama yang menunjukan bahwa bumi berputar relatif menuju bintang utara. Terlebih, ketika kita melihat bintang biasanya kita mengadap keatas, begitulah filosofinya.

Kembali ke pokok permasalahan, kalau utaranya keatas, kenapa utara plan (yang biasanya ada di isometric atau plot plan) tidak sama dengan utara sesungguhnya?

Karena biasanya North plant di sesuaikan dengan lokasi project nya. Ketika akan ada sebuah project baru, maka hal yang pertama di tentukan adalah kita membuat koordinatnya. Kenapa koordinat menjadi penting? karena untuk menentukan lokasi. Pada suatu project yang luasnya berhektar hektar, maka hal yang pertama di tentukan adalah titi 0 nya. Titik nol disini, bukan hanya dari horizontalnya saja, melainkan pun untuk verticalnya, yang dalam hal ini elevasi.

Lokasi Adalah Relatif

Terminologi lokasi kalau kita sadari adalah posisi relatif terhadap benda yang lainnya. Maksudnya seperti apa? misalnya kita ingin menyebukan dimana lokasi heat exchanger? maka kita bilang ia berada 50 meter sebelah Main Building (gedung utama). Atau kalau lebih detail, kita menyebutnya ia berada 30 meter ke utara dan 40 meter ke timur dari Main Building. Kondisi penyebutan seperti ini akan tidak efektif, olehkarenanya dibuatlah sistem koordinat. Tinggal menyebutkan koordinatnya, maka kita akan tau lokasinya.

Plant North Vs True North
Namun ada kalanya sebuah plant, ia memiliki tanah yang tidak rata, memiliki penghalang yang berarti sehingga posisinya tidak tepat menghadap ke utara kompas. Posisinya katakanlah 9 Derajat dari arah utara yang sebenarnya. Akan muncul masalah ketika kita menyebutkan atau mengambarkan lokasi di gambar kalau kita tetap mengunakan arah utara yang sebenarnya. kenapa? karena kita harus menyertakan angka 9 derajatnya setiap penyebutkan arahnya.

Akan lebih mudah, kalau kita ganti koordinat utamanya menjadi koordinat plant, true north nya menjadi plant north. Artinya, arahnya akan tetap, namun kemudahan dalam penggambarannya lebih di utamakan. Kalau koordintanya sudah di rubah menjadi plant north, maka untuk menyebutkan lokasi building B dari building A, akan lebih mudah. Misalnya lokasi gedung B adalah 1000 meter ke arah utara dari gedung A. Atau koordiantanya adalah N0001000 E0000000, koodinat yang di hasilkan pun menjadi genap dan mudah di baca karena kita telah menentukan titk nol nya, yaitu di angka "1" dari ilustrasi gambar di samping

Isometric drawing akan penuh dengan arsiran

Masalah apa lagi kalau true north tidak di rubah menjadi plant north? yaitu pada isometric drawing. Seperti kita tau arah dari isometric drawing adalah sebuah gambar piping yang di bentuk dalam arah 60 derajat lingkaran sehingga me representasikan 3D.

Lihat gambar di samping yang merepresentasikan arah di isometeric. Selain garis vertical (atas bawah), setiap garis menunjukan arah mata angin. Kalau pipa tersebut tidak lurus dengan garis tersebut, maka pipa tersebut akan di arsir yang menandakan kalau di termpat tersebut membentuk sudut sekian derajat di isometricnya. Kalau north nya tetap di pertahanakan di arah yang sebenarnya, maka gambar yang ada di isometric nantinya akan penuh dengan arsiran karena di anggap tidak mengikuti North Sebenarnya. Oleh karenanya, lebih mudah untuk mengganti north nya menjadi north plan, dan kemudian koordinat ini di pakai dan di sepakati oleh semua disiplin dalam project tersebut.

True North Versus Plan North

Pada kesimpulan akhirnya, true north adalah arah utara kompas, arah utara sebenarnya dimana ia menunjukan arah ke kutub utara dari bumi. Sedangkan plant north adalah sebuah kesepakatan dari project untuk menyebutkan arah utara dan hanya berlaku pada project tersebut. Plant north tidak harus selalu searah dengan arah utara kompas, karena bisa jadi untuk menghidari perbukitan, mengikuti gedung yang sudah ada, mengikuti jalan atau rell kereta api yang sudah ada dimana arah utaranya tidak segaris dengan utara kompas. Atau bisa jadi tergantung dari lahan yang di miliki oleh project. Memaksakan arah utara sebenarnya, tentu akan membuat effort atau lebih banyak kerjaan yang harus di lakukan. Tujuan mengganti dari true north ke plant north tidak lain adalah untuk memudahkan ketika fase konstruksi.

0 Response to "Mengapa Plant North berbeda dengan North Sesungguhnya?"

Post a Comment