Flat Turn and Change Elevation Turn Design



Apakah flat trun itu? dan kenapa di beberapa spect tidak memperbolehkan flat turn?

Sebelum membahas mengenai flat turn, maka kita harus tau dahulu apa yang di masuk dengan flat trun. flat turn adalah kondisi routing pipa dimana setelah elbow, elevasinya masih tetap sama. Kalau kita melihat belokan secara umum di loop pipa, atau belokan pada umumnya, maka biasanya ia adalah flat turn. yaitu kondisi dimana elevasinya tetap sama. 

Kondisi lain kita kenal dengan nama change elevation turn. Dimana setelah belokan ia posisi nya berubah elevasi atau ketingian pipanya. tanda yang paling umum adalah ketika ia belok mengunakan elbow lebih dari satu, maka itu adalah kondisi change elevation turn. Lalu apakah kelebihan dan kekurangannya dari kedua kondisi tersebut?

Flat Turn Design

Ada beberapa kelebihan flat turn ini di banding kondisi change elevation turn pada design. Yaitu :

  1. Flat trun lebih ekonomis
  2. Support Lebih Mudah
  3. Tidak ada Pressure Drop

Karena Flat turn hanya mengunakan satu elbow, maka ia lebih ekonomis dalam routing maupun pengelasan, lebih murah karena dari jumlah elbownya saja sudah terlihat. Kemudian sisi yang lain adalah peletakan dan penempatan support jauh lebih mudah.


Change Elevation Turn Design

Berlawanan dengan flat turn, maka change elevation adalah ketika ia berbelok, maka elevasinya harus di ganti. kenapa harus di ganti? karena ada beberapa aspek yang menjadi pertimbangan. diantara nya adalah :

1. Cocok digunakan untuk routing pipa yang crowded
2. Tidak Menghalagi pipa lain yang akan menyebrang (blocking)

Change elevation trun ini adalah metode yang cocok manakala pipa yang di susun itu banyak sekali ber sliweran. terutama untuk pipa pipa di deck atau sekelas offshore dimana tidak punya cukup ruang untuk merouting. Karena keterbatasan ruang, maka kita harus memaksimalkan routing.

Flat Turn Blocking Akses

Sekarang study case, misal kita punya sebuah routing yang mengunakan flat turn seperti gambar di atas. yaitu sebuah kondisi ketika pipa belok masih dalam satu ketinggian. Permasahannya ada satu pipa dari EW, dari timur mau ke barat (yang berwarna merah) ia akan tertahan oleh pipa lain. Otomatis apa yang terjadi? pipa merah mau tidak mau harus di turunkan elevasinya agar bisa lewat (menyebrangi) kumpulan pipa yang mengunakan flat turn. Jadi secara tidak langsung, routing mengunakan flat trun ini berpotensi untuk blocking akeses pipa lain nya yang mau lewat. 

Kalau metodenya kita ganti menjadi change elevation turn, maka setiap pipa yang berbelok, maka ia harus berubah elevasinya. entah lebih tinggi atau lebih rendah. karena berbeda elevasi antara utara selatan dengan timur dan barat, maka pipa tidak akan saling bertabrakan karena yang satu di atas, dan yang lain di bawah. contoh case seperti di bawah, dimana pipa yang North South berada di elevasi bawah, sedangkan East West berada di atas. Ketika pipa yang EW (yang di beri tanda panah merah) melewati pipa yang NS, maka pipa tersebut tetap bisa melaju karena pipa yang NS itu berada di bawahnya. jadi tidak saling menghalagi. 

Change Elevation Turn Akses


3. Lebih flexible dari sisi stress analysis

Dari sisi stress analysis, degan kondisi change elevation turn maka pipa tersebut lebih flexible. karena elbow yang di bawah dapat menahan bending, pun dengan yang di atas. jadi ada dua elbow yang menyebabkan lebih flexible, di banding dengan flat turn yang hanya satu elbow saja. sisi lainnya karena banyak nya elbow ini justru membuat pipa lebih mudah fibrasi besar apalagi kalau support nya kurang memadai. 

Contoh Elevation Turn Design

Kemudian dari sisi pressure drop, di awal sudah di sebutkan kalau mengunakan flat turn pressure dropnya lebih kecil karena hanya ada satu elbow. dengan change elevation turn maka pressure drop nya lebih turun karena lekak lekuk tadi yang lebih banyak. 

Pressure drop ini tau ya maksudnya, jadi kondisi dimana tekanan dari fluidanya menurun. yang menyebabkan ada dua hal, yaitu mayor karena jaraknya, jadi semakin jauh pipanya semakin turun pressure drop nya. kedua karna fitting yaitu belokan, lekukan atau percabangan. Untuk memahami seperti apa itu fitting, silahkan baca di jenis jenis fitting di dalam pemipaan 

Sisi lain dari kekurangan menguankan change elevation turn adalah ia dapat menimbulkan low point draing dan high point vent. hal ini juga yang perlu jadi pertimbangkan. terutama untuk aliran yang slope atau grafity flow, perlu di perhatikan routing nya kalau mengunakan change elevation turn. 



0 Response to "Flat Turn and Change Elevation Turn Design"

Post a Comment