WI S3D : Mencari Item dengan OID di SP3D



Di SP3D, kita akan mudah menemukan item dengan OID. Dengan kita tau OID, maka dari sekian banyak item yang kita modeling di 3D akan mudah di temukan, baik itu piping sistem, piping component, electrical instrument, atau bahkan part terkecil sekalipun asal kita tau OIDnya, akan mudah di temukan. 

Pertanyaanya, OID itu apa si? 

Smart Plan Tools

OID adalah semacam koordinat, semacam angka yang menunjukan tempat lokasi sesuatu di SP3D. Kepanjangan nya sendiri, saya kurang tau karena saya coba cari, ternyata tidak ada yang spesific menyebutkan. Intinya semacam lokasi lah, yang di tampilkan dalam bentuk angka. 

OID biasa di temukan di mana?

Untuk OID sendiri, biasanya kita menemukannya dari report. Report yang di buat oleh 3D Administrator, yang biasanya menunjukan posisi suatu tempat dimana di temukan clash. Dari data clash tersebut, dimana di sertakan OIDnya, maka kita bisa menemukan dimana letak tepatnya untuk clash berada. 

Apakah OID mempermudah?

Tentu saja, dengan OID kita tidak perlu mencari satu persatu lokasi yang kita tuju. Misal, dalam satu line pipa, kita menemukan satu clash dari report. Kita akan kehabisan waktu kalau kita melihat secara visual, dimana clash nya berada. Memang bisa dengan mudah lewat metode menambahkan komponen lain di sekitar item, namun tetep mencari nya satu persatu akan makan banyak waktu. Lebih mudah mencarinya lewat OID. 

Contoh OID adalah sebagai berikut {00033457-0000-0000-6F07-7656685E3604}
dan pelu di perhatikan, OID adalah unik. Jadi ia tidak mungkin terduplikat. Dan satu lagi, tidak perlu di hapal, hanya perlu di copy paste saja. 

Cara Mencari item lewat OID. 

Sekaran bagaimana caranya untuk mencari item tersebut lewat OID. yaitu :

  1. Buka smart plan tools, (dengan klik shift 3x secara cepat)
  2. Klik icon binokular pojok kiri atas (lihat gambar pertama dari artikel ini)
  3. Setelah muncul, klik OIDs di bagian tengah sesuai gambar di bawah 
  4. Muncul Pop Up baru mengkofirmasi OID anda, kemudian YES.
Mencari OID

Harap di perhatikan, sebelum ke langkah ke 3. Pastikan dulu anda punya nomer OIDnya, kemudian di klik copy. Lalu lakukan step ini. Kalau belum di copy OIDnya, biasanya ia akan menunjukan error atau minimal minta OID yang valid. 

Pada dasarnya, metodenya cukup sesederhana itu. Ia sudah mencari lokasi dimana item berada. 

Zoom pada Item OID

Fit View SP3D

Setelah ketemu, biasanya ia tidak langsung auto Zoom. Alias, tampilan akan tetep seperti biasa. Kita perlu meng zoomnya, agar kita tau persis dimana item yang kita cari berada. Caranya, klik FIT di toolbar SP3D seperti gambar di samping. 

Mudah mudahan, cara sederhana di atas. bisa membantu untuk menemukan item dengan OID di Sp3d. 


0 Response to "WI S3D : Mencari Item dengan OID di SP3D "

Post a Comment