Istilah Istilah Dalam Pressure Vessel


Pressure vessel menurut salah satu literature, vessel dianggap sebagai jantungnya sebuah industri pengeolanan dan kimia. Apa penyebabnya? karena ada proses yang terjadi di dalam pressure vessel. Dalam reactor, ada perubahan kimia. Dalam column atau fraksinasi tower, proses pemisahan terjadi. Oleh karenanya, penempatan vessel baik dari orientasi dan lokasi nozzelnya menjadi pertimbanan penting.

Hal yang tak kalah penting adalah bagi anda yang memang berada di mechanical, anda harus mengerti apa itu vessel, bagian bagian vessel termasuk istilah apa saja yang digunakan dalam vessel. Walaupun tidak semua terminology akan saya tuliskan di sini, tapi paling tidak anda bisa memahami sedikit dari istilah istilah vessel yang paling umum digunakan.

bagian bagian dalam pressure vessel

Anchor bolts adalah baut yang di pasangkan pada concentrate pondasi guna mengokohkan kedudukan vessel agar tidak bergerak. Lebih lengkap tentang bolt, silahkan baca artikel Perbedaan Machine Bolt dan Stud Bolt

Access opening adalah bentuk lingkaran (seperti lubang) pada skirt vessel, yang memungkinkan si operator untuk masuk dan melakukan maintenance. Beberapa istilah lain menyebutkan nya dengan access hole

Base plate adalah plat datar bagian dari vessel yang letaknya plaing bawah, ia bersentuhan langsung dengan pondasi.

Baffle adalah plat penahan aliran yang terdapat didalam equipment vessel. Biasanya baffle terdapat setelah nozzel dengan tujuan agar aliran nozzel tidak langsung muncrat, tapi tertahan dan jatuh ke bawah.

perbedaan davit dan hinge dalam pressure vessel

Davit adalah alat yang fungsi utamanya untuk pengangkut di vessel, biasanya di letakan dengan sambungan soket yang nantinya dapat untuk mengangut blind flange. Kalau untuk column, biasanya di sebut column davit, ia berfungsi untuk mengangkat relief valve, trays dan internal vessel lainya.

Hinges adalah mekanisme untuk mengangkat atau memindahkan blind flange yang merupakan penutup dari mainhole. Fungsi hinge sama seperti davit, bentuknya saja yang berbeda. Digunakan davit atau hinges, karena blindflange cukup berat dan operator tidak akan mampu untuk mengangkatnya. Bedanya, kalau hinges mengunakan mekanisme buka tutup, kalau davit mekanismenya digeser si blind flangenya.

istilah istilah dalam pressure vessel

Downcomers adalah plat kotak yang di baut pada shell dan trays, biasanya berada di dalam cloumns. Ia bertugas untuk mengiring fluida dan untuk mencegah agar aliran uap tidak melewatinya. istilah lain menyebutnya dengan downpour.

Flange adalah salah satu jenis dari sambungan yang menghubungkan vessel dengan pipa atau ekuipment lainya. Flange ini merupakan bagian dari nozzle. lebih lengkap tetang flange, baca di artikel jenis jenis flange

Head adalah ujung penutup dari vessel ataupun tank

Hemispherical head adalah tipe dari head yang berbentuk setengah bola, lebih lengkap ada di artikel type head pada vessel

Ladder dan cages adalah tangga serta kurungannya (cages), cages berfungsi untuk mencegah agar operator tidak jatuh dari tangga, disamping itu memiliki efek psikologis berupa keamanan bagi si operator ketika menaiki tangga.

Legs adalah pipa (atau bahan plat lain) yang berfungsi untuk menyangga pada vertical vessel, mengantikan fungsi skirt. kalau skirt di ibaratkan rok, maka leg ini adalah seperti halnya kaki.

Manhole adalah nozzle, bedanya ia tidak di koneksikan dengan pipa hanya ditutup dengan blind flange. Yang nantinya manhole ini berfungsi untuk ruang akses bagi operator yang akan masuk ke dalam vessel baik untuk maintenace atau pemasangan internal vessel.

Nozzle adalah ruang keluaran atau masukan dalam vessel, terbuat dengan atau tanpa potongan pipa yang di las dengan flange. silahkan baca bedanya nozzle dengan flange

Platforms adalah tempat dudukan atau pijakan yang berada di luar vessel, untuk melengkapi silahkan baca bagian bagian dari pressure vessel

Reinforcing pad adalah plat yang dibentuk seperti lekukan shell atau head yang akan di las dengan nozzel, berfungsi untuk memperkuat nozzle.


Saddle adalah seperti halnya kaki pada manusia, ia merupakan penyangga dari horizontal vessel yang terbuat dari susunan plat.

Shell adalah sisi melingkar dari vessel atau tank.

Sleve opening adalah lubang yang dibuat pada skirt, yang memungkinkan agar pipa yang melewati skirt dapat keluar. Mirip dengan access opening, bedanya ini untuk pipa bukan orang.

Skirt adalah penyangga, sama dengan saddle hanya bedanya untuk skirt menyangga vertical vessel yang bentuknya seperti rok karena menyelubungi vessel.

Skirt vents adalah lobang kecil pada skirt untuk menghindari terakumulasinya gas yang berbahaya di dalam skirt.


Tray adalah pemisah, adalah bagian dalam pada vessel, fungsinya untuk menahan fluida yang masuk ke equipment, supaya fluida yang masuk dari nozzel tidak langsung jatuh kebawah. Tray ini memungkinkan untuk melewati gas agar naik ke atas, sedangkan fluida cair akan tetap tertahan. Dan biasanya tray dibuat bertingkat, lebih lengkapnya baca di artikel cara kerja tower atau column

Vortex braker adalah alat yang berada di dalam vessel pada ruang keluaran vessel, biasanya di bagian (nozzel yang mengalir ke) bawah yang fungsinya memecah pusaran guna mengcegah cavitasi.

weir plate dalam pressure vessel

Weir plate adalah pemisah dalam horizontal vessel. Weir plate bertugas memisahkan oil dan water agar tidak tercampura seperti halnya pada jenis separator vessel. untuk mengerti seperti prinsip kerja separator vessel, dapat di lihat di artikel saya pembagian vessel berdasarkan prosesnya. Weirplate juga perlu di pertimbangkan untuk maintenacenya, oleh karenanya satu setiap satu bagian horizontal vessel yang dipisahkan oleh weirplate, maka di beri satu main hole. Jadi dalam satu vessel, bisa terdapat 2 manhole.

Kurang lebih beberapa terminologi di atas sering sekali kita temui di dalam sebuah vessel. Sebenarnya masih banyak istilah lain, tapi paling tidak anda harus memahami bagian bagian pressure vessel terlebih dahulu sebelum memahami terminologinya. Lain kali, saya akan melengkapi kembali mengenai terminologi di pressure vessel. 

4 Responses to "Istilah Istilah Dalam Pressure Vessel"

  1. mas minta sumber buku2 untuk vessel nya mas ,, saya lagi tugas akhir tentang vessel of rectangular cross section .. mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
  2. min. tolong dijelaskan seperti apa pengujian vessel. bagaimana standard yang dipakai ? apakah
    storage tank perlu dilakukan pressure test ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sebentar ya.. nanti ta susunkan dulu. Sambil nyari nyari waktu untuk menulis.. makasih sarannya, saya schedule ya.. jangan lupa untuk follow terus idpipe.com

      Delete
  3. Notwithstanding, while the plan and building used to deliver vessels is staggeringly vital in the way they work and dependably carry out their activity - wellbeing is similarly (if not progressively) basic. Atmospheric relief valves

    ReplyDelete