Pengertian Upstream Downstream dalam Oil and Gas

Apa si updstream dan downstream itu? Upstream dan downstream adalah salah satu istilah yang ada dalam oil and gas, upstream di artikan industri hulu sedangkan downstream di artikan idustri hilir.


Pengertian upstream


Upstream Oil And Gas
Upstream adalah kegiatan produksi dimana hal utama yang dilakukan dalam upstream yaitu pencarian sumber (explorasi) dan ekstraksi. Kegiatan explorasi yaitu mencari sumber minyak dan gas bumi dengan tehnik tehnik tertentu, sedangkan extraksi disini adalah proses mengeluaran oil dan gas dari dalam bumi ke permukaan. Dalam kegiatan upstream, ia tidak mengolah sama sekali oil atau gasnya, ia hanya mencari dan mengeluarkannya.

Kegiatan upstream di dalamnya mencari ladang yang mengandung oil dan gas baik itu di dalam bumi (daratan) ataupun di dalam air, biasanya di bawah laut. Perusahaan yang bisasa melakukan ini contohnya adalah pertamina E&P atau chevron dimana selaku perusahaan owner, dan biasanya meminta bantuan service company untuk melakukan pengeboran terhadap titik yang telah
mereka tentukan.


Pengertian downstream


Downstram adalah proses kelanjutan dari upstream, yaitu mengolah bahan mentah baik minyak atau gas bumi menjadi bahan jadi. Sector hilir umumnya mengacu pada penyulingan minyak mentah dan proses pemurnian gas alam. Lebih jauh dari kegiatan downstream, termasuk mendistribusikan bahan jadi tersebut dan menjualnya.

Downsteram Oil And Gas
Tipe dari pembelinya bisa bermacam macam, tergantung dari jenis produk akhir yang dihasilkan. Adakalanya, perusahan downstream kontak langsung dengan pembeli sebagi penguna produknya, pertamina misalnya, ia mengolah minyak yang di hasilkan dan ia pula yang menjualnya langsung ke masyarakat luas lewat spbu.

Pada prinsipnya, upstream berkatian dengan pencarian (search), penemuan (discover), perhitungan (quantification) dan explorasi. Sedangkan downstream kegiatannya berkaitan dengan penjualan dan pendistribuisan produck jadi dari oil ataupun gas.

Jadi pengertian Upstream Downstream, hanya di bedakan melalui istilahnya. Proses awalnya adalah upstream, dan proses selanjutnya dinamakan downstream. Sebenarnya ada stu istilah lagi, yaitu midstream yang kegiatan utamanya transportasi. Namun sejak berlakunya Undang Undang MIGAS No 22/2001, industri perminyakkan hanya mengenal upstream dan downstream.

Sedangkan midstream dimasukan ke unit downstream. Untuk downstream sector, unit pengolahannya dimiliki oleh perusaan owner namun dalam perancangannya akan meminta bantuan dari perusaan EPC.

Perusahaan EPC ini lah yang nantinya merancangkan bagaimana bentuk dan desain dari unit pengolahan yang akan di buat, si perusahaan owner biasanya hanya menyendiakan lahan dan sumbernya (wellhead). Untuk memahami apa itu perusahan owner, service company, atau perusahaan EPC, anda bisa membaca artikel Karir Sektor Industri Oil And Gas.

1 Response to "Pengertian Upstream Downstream dalam Oil and Gas"

  1. kunjungan siang mas, semoga tidak bosan melihat saya terus yah hihi... sambil belajar menuntut ilmu

    ReplyDelete