Tabel Nominal Pipe Size dan Pipe Schedule

Nominal pipe size adalah metode untuk memberi nama suatu pipa berdasarkan ukuran diameternya, lebih tepatnya diameter nominal pipanya dan bukan diameter sebenarnya. Seperti pernah di singung dalam sejarah dan teori dasar pemipaan, bahwa ukuran pipa di nilai dari ODnya yang terkadang nilainya tidak sama dengan OD actual pada pipa. OD pipa bisa mencapai ukuran 78 inc, yaitu kira kira setinggi 1.8 meter jadi orang dewasa bisa masuk dengan mudah ke dalam pipa tersebut.

sistem pemipaan
NPS merupakan istilah yang banyak digunakan di Amerika utara dengan satuan inci. Ada satu terminology yang juga menunjukan diameter suatu pipa selain NPS, yaitu DN. DN yang memiliki kepanjangan Diameter Nominal adalah sama sama menunjukan diameter suatu pipa, bedanya dengan NPS, Diameter Nominal mengunakan satuan millimeter dan banyak digunakan oleh Negara Negara di eropa.


Pengertian Pipe Schedule


Kalau diameter luarnya (OD) telah di ketahui, apa yang kurang untuk menujukan ukuran pipa? yaitu thickness atau ketebalan pipa. Dalam sebuah pipa, ketebalan pipa (wall-thickness) di kenal dengan sebutan schedule, yang biasanya di singkat dengan sch.

outside diameteri and pipe schedule
Semakin pipa digunakan dalam pressure dan temperature tinggi, maka akan semakin tebal dinding pipanya, semakin besar schedule nya. Yang artinya, semakin kecil pula diameter internal dari pipanya, karena sebagian telah digunakan untuk ketebalan dinding dari pipanya. Biasanya dikenal dengan 3 jenis schedule, yaitu standard, extra strong (xs) dan dobel extra strong (xxs).

Nilai schedule pada pipa telah di tentukan oleh ASME, namun yang paling terlihat bedanya yaitu ketika digunakan material stainless steel degan yang tidak. Untuk material stainless steel, biasanya mendapatkan akhiran huruf "S" pada schedulenya. Pipa stainless steel tersedia dalam schedule 5S, 10S, 40S dan 80S. Sedangkan untuk pipa carbonsteel tersedia dalam schedule 10, 20, 30, 40, 60, 80, 100, 120, 140, 160, STD, XS dan XXS.

Pada umumnya ketebalan pipa mempunyai schedule 40, yaitu sama nilainya dengan schedule STD untuk pipa 1/8 sampai dengan pipa ukuran 10 inc. Sedangkan Nilai Schedule Extra strong (XS) dengan schedule 80 memiliki ukuran tebal yang sama sampai dengan pipa ukuran 8 in, pipa yang lebih besar dari itu ukuran tebalnya akan sama sebesar 12.7 mm. Sedangkan schedule XXS ukurannya lebih besar daripada schedule 160.


tabel daftar pipe schedule
Tabel Pipe Schedule, klik disini untuk memperbesar


Spool atau satuan panjang untuk pipa


Kalau OD sudah, tebal sudah, kira kira apa lagi yang kurang untuk menunjukan dimensi suatu pipa? yaitu panjangnya. Untuk menyebut satuan panjang pipa, biasanya kita mengenal dengan istilah spool. Satu spool pipa umumnya memiliki panjang 20ft atau sekitar 6 m untuk pipa carbon steel. Di samping itu, ada pula pipa yang ukuranya lebih panjang lagi, duakali panjang pertama, yaitu 12 meter. Kita mengenalnya dengan sebutan dobel random length, umumnya banyak digunakan pada piperack.

Karena pipa panjangnya terbatas, maka untuk membentuk suatu rootingan tertentu di perlukan metode penyambungan antar pipa. saya sudah membahasnya di jenis sambungan antar pipa.


Tabel untuk schedule pipa


Untuk mempermudah dalam memahami dan menghapalkan schedule pipa, silahkan klik gambar tabel schedule pipa di atas untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus. Tapi kalau kurang, saya sediakan versi pdfnya untuk di download, silahkan download dibawah.

Download tabel pipe schedule 1 | tabel pipe schedule 2

3 Responses to "Tabel Nominal Pipe Size dan Pipe Schedule"

  1. Sangat membantu informasi ini.Ijin share,gan.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih informasinya semoga menjadi amal ibadah....

    ReplyDelete