Jenis Percabangan Pipa Menggunakan Olet Fitting



Olet adalah salah satu dari pipe fitting yang fungsinya sebagai cabang keluaran dari pipa besar ke pipa kecil (atau diameter yang sama) dengan fungsi penguatan.

Kalau kita telah mengenal pipe fitting, dimana salah satunya di sebutkan yaitu tee, jenis olet fungsinya seperti halnya tee, yaitu membagi aliran. Jenis olet ini masuk dalam area stub-in, apa itu stub-in? mari kita perdalam.

Percabangan Stub-in Fitting,

Stub-in adalah percabangan yang langsung dari pipa utama. Berbeda dengan tee dimana percabangannya mengunakan komponen fitting, di stub-in, percabangannya langsung dari pipa utama. dengan cara apa? dengan cara di bor langsung ke pipa utamanya.

Stub-in fitting
Stub-ini merupakan alternatif pilihan dari reducing tee, yaitu jenis tee yang diameter percabangannya lebih kecil dari pipa utamanya. Namun, penggunaan stub-in harus sesuai spect dari client, dan melalui proses perhitungan dan biasanya di nyatakan dalam PMC (piping material class).

Ada kalanya service dan temprature fluida yang mengalir dalam pipa cukup tinggi, sehingga pengunaan stub-in saja tidak cukup maka ia akan mempergunakan penguat berupa pad, saddle ataupun olet. Dan Olet inilah yang akan kita bahas lebih dalam.

Pipa utama, main pipe, dimana cabang pipa yang mengunakan olet akan di sambungkan ia di namakan dengan Pipe Header, sedangkan pipa cabangnya yang mengunakan olet dinamakan branch atau pipe outlet.

Salah satu vendor kawakan penyuplay olet adalah Bonney forge, anda bisa mencari banyak katalog dari bonney di internet.

Tipe dan Klasifikasi Olet

Karena banyak nya istilah olet, seperti misalnya threadolet, latrolet, sockolet dan lain sebagainya. Saya pikir agar mudah untuk memahami jenis fitting ini, kita akan klasifikasikan dan membahas satu persatu agar lebih mudah.

dan ini juga akan menjadi catatan saya online, manakala saya lupa saya bisa membuka dan membaca tulisan ini kembali agar mudah menjelaskan jikalau ada yang bertanya. dan ini adalah klasifikasi yang saya buat, tujuannya agar mudah saya pahami sendiri, dan kalau memang ini tidak sesuai menurut pengalaman anda, saya akan hargai kalau anda dapat memperbaiki lewat komentar di bawah, supaya yang lain pun dapat paham.

Weldolet, jenis Olet Yang Mengunakan Welding

Weldolet adalah jenis dari olet yang digunakan dalam sudut 90derajat, bentuknya dan funggsingya mirip dengan tee. weldolet adalah jenis yang percabangan yang paling sering digunakan, ia disambung dengan cara welding, makanya untuk mudah mengingatnya kita gabungkan kata "welding" dengan "olet", jadilah weldolet.

weldolet fitting
Untuk weldolet, pengunakanya biasanya untuk pipa percabangan yang besar, biasanya ukuran brachnya lebih dari 2".

Di permukaan weldolet terdapat bevel, permukaan miring yang akan digunakan untuk pengelasan. Bisanya metode pengelasannya adalah but weld, yaitu menyambungkan secara sejajar. Silahkan pelajari lebih dalam di jenis sambungan pipa . Yang termasuk jenis dari olet yang di welding adalah sebagai berikut :

Elbolet, olet untuk elbow

elbolet fitting
Elbolet adalah jenis olet yang di pasang di elbow, dimana elbolet ini berfungsi pula sebagai reducer yang di pasangkan pada long radius elbow atau short radius elbow. untuk memahami long arau short radius elbow, silahkan pelajari di piping quiz 2, tentang fitting.

Biasanya, elbolet digunakan untuk thermowll dan perlengkapan instument lainya. Untuk mengingat jenis olet ini, kita ingat kata "elbow" dan "olet", jadiah "elbolet" yang memiliki fungsi untuk fitting di elbow.

Latrolet, olet penganti lateral tee

Latrolet fitting

Kalau kita mengenal istilah lateral tee, dimana tee yang tidak tegak lurus dengen headernya melainkan memiliki sudut 45 derajat. Maka latrolet ini lah sebagai pengantinya. cara mengingatnya mudah, kita ingat tee lateral, maka namanya adalah gabungan keduanya, "lateral" dan "olet", jadilah "latrolet"

Latrolet adalah jenis olet yang digunakan pada 45 derajat arah lateralnya, biasanya juga berfugnsi sebagai reducer brance karena pipa sambunganya berdiameter lebih kecil dari pipe headaernya.

Sockolet, Olet dengan sambungan Socket

Sebenarnya ada tiga jenis olet yang masuk dalam satu kategori yang mewakili tee, yaitu weldolet, sockolet, dan threadolet. Sebenanya ada satu lagi yaitu sweepolet, yang akan saya bahas belakangan. karena sifatnya yang mirip dengan tee, maka tidak perlu saya bahas mendetail. Yang perlu di ingat untuk membedakan ketiganya adalah jenis sambungan pada branchnya.

Weldolet mengunakan welding, tepatnya but-weld, sedangakan sockolet mengunakan tipe sambungan socket weld, dan tipe terakhir threadolet.. bisa di tebak yaitu tipe sambungan Threaded atau ulir.

Sockolet fitting

Jadi, sockolet adalah jenis olet yang digunakan pada 90 derajat dengan soket weld untuk sambungan branchnya. diameter bore dari sokolet ini akan lebih besar dari pada OD pipa yang akan di pasangankan, sehingga pipa dapat masuk ke dalamnya yang kemudian di fillet weld.

Treadolet, olet dengan sambungan Threaded

Sudah di singung sebelumnya tentang treadolet ini, yaitu sambungan olet yang mengunakan jenis sambungan tredded alias ulir pada brachnya. Point pentingnya adalah ulir, threaded, inilah yang menjadikan pembeda dan juga nama olet ini di ambil dari nama threaded.


Yang membedakan dengan lainya, pada threadolet ini sambungan branch nya maksimal 4".

Nipolet, olet dengan tambahan nipple

Nipolet adalah jenis fitting olet yang mengeliminasi pengunaan nipple dan coupling dalam satu item ini. nipple adalah yaitu satu potongan pipa pendek, biasanya berkisar 100mm, ini pure pipa. Istilah nipple juga di gunakan dalam fitting, yaitu satu potong pipa pendek dengan ulir di kedua sisinya. Silahkan baca definisinya di wikipedia.

Nipolet fitting
Kapan digunakan nipple? biasanya nipple itu digunakan untuk drain atau vent, yang komponen ini digabungkan bersamaan dengan valve untuk fungsi tersebut. Begitu juga pengunaan nipolet, ia dapat digunakan untuk vent dan drain. Untuk mengingatnya, lagi lagi kita ingat fungsi dasar dari nipple, jadi penamaanya "nipple" ditambah dengan "olet", jadilah "nipolet".


Untuk nipolet, sisi branch enya ada yang dilengkapi dengan ulir (threadded) dan ada yang tidak, tergantung kebutuhan dan spesifikasi projectnya. untuk yang tanpa threaded, biasanya ia berfungsi sebagai male socket yang akan di sambungkan dengan female socketnya lalu kemudian di weld. Untuk ukurannya, sampai dengan 2" dari vendor bonney

Sweepolet, olet dengan saddle

Sweepolet fitting

Sweepolet adalah jenis olet yang dilengkapi dengan part yang serupa dengan saddle. jenis olet ini telah dilengkapi dengan reinforced (integrally reinforced),

Digunakan terutama untuk high-yield pipe dalam pipa transmisi untuk oil and gas. Memberikan aliran yang bagus dan optimal dalam distribusi tenggangan pipa.

Alasan kenapa di gunakan Olet?

dalam hal ini di khususkan untuk weldolet, apa yang faktor yang menguntungkan pengunaan weldolet ini
  1. Weldolet fitting harganya lebih murah 50-90 % daripada welding tee
  2. Pengunaan weldolet lebih flexibel (yang perama menginstall dulu run pipenya, kemudian tinggal di pasangkan olet lalu di welding).
  3. Dengan weldolet maka pipa akan memiliki kekuatan penuh (fuull pipe strenght) sesuai dengan ASME B16.9 and spesifikasi ASME lainya untuk pressure piping
  4. Weldolet menghasikan full fluid flow.
  5. Weldolet digunakan manakala standart tee tidak mengkover ukuran (reducing) branch yang di inginkan

Tipe Olet yang lain

Olet, kadang bisa terdiri dari dua tipe. Pengklasifikasian diatas hanya untuk mempermudah dalam memahami bentuk dan fungsinya, pada kenyataanya ada olet yang terdiri dari dua atau lebih klasifikasi di atas. Misalnya :

  • Threaded elbolet, dari namanya kita seharusnya paham tipe olet ini seperti apa. "elbolet" menunjukan bahwa olet ini akan di sambungkan dengan elbow, "threaded" menunjukan kalau elbolet ini tidak mengunakan welding, melainkan mengunakan ulir untuk branchnya.
  • Threaded latrole, sama seperti pembahasan sebelumnya, berarti tipe olet ini adalah mirip lateral tee (latrolet) dimana brach koneksinya mengunakan ulir.
  • Weldoflange, untuk olet ini mungkin belum di singgung di atas, namun saya pikir seharunya paham jenis olet ini setelah membaca pembahasan di ata. Jenis olet ini adalah weldolet yang memiliki flange pada branch koneksinya. jadi ketambahan integraled flange, tanpa perlu di welding di branch nya. 
Untuk lebih paham, silahkan latihan menjawab pertanyaan mengenai fitting yang di dalamnya terdapat pembahasan mengenai olet, silahkan pelajari di Piping Quiz Tentang Fitting. Semoga, artikel sederhana ini bisa menambah pengetahuan anda mengenai Percabangan Mengunakan Olet.

0 Response to "Jenis Percabangan Pipa Menggunakan Olet Fitting"

Post a Comment