Penjelasan Mengenai Globe Valve dan Jenisnya



Globe valve adalah valve yang sistem penutupanya ke bawah, biasanya part (atau bagian) untuk menutupnya dinamakan dengan disk, dimana disk ini akan bergerak naik turun untuk menutup aliran dalan globe valve.

Globe valve termasuk jenis valve yang istimewa, karena kemampuan valve ini untuk throttling. apa itu throttling? kalau di bahasa indonesiakan adalah mencekik. throttling kalau di jelaskan dengan bahasa saya adalah kemampuan ia untuk membuka menutup aliran sesuai kebutuhan. Jadi valve ini bisa membuat alirannya sangat deras dengan membuka seluruhnya, bisa setengah, seperempat atau berapapun aliran yang kita inginkan, dapat kita dapatkan dengan mengatur besaran bukaan valvenya. Itulah namanya throttling, kemampuan untuk mengatur bukaan valve.

globe valve

Keuntungan mengunakan globe valve

Loh memangnya tidak ada jenis valve lain yang digunakan untuk throttling? ada memang jenis valve lain seperti gate valve, atau ball valve, namun ia tidak maksimal pengunaan nya untuk trotling. Lengkapnya, saya pernah membahas di perbedan ball valve, gate vale, dan globe valve. Pengunaan globe valve lebih popoler dibanding dengan gate valve, karena disamping ia memiliki fungsi throttling, keuntungan lainya dari globe valve adalah ia mampu membuka lebih cepat dibanding dengan gate valve? karena apa? karena jarak untuk membuka disk (bagian yang menjadi pentutup valve) lebih pendek dibanding dengan gate valve.

Globe valve memiliki keuntungan yang lain yaitu kemampuanya untuk menahan bocor, maksudnya ia lebih rekat di banding dengan jenis valve lainya. oleh karenanya, ia dapat di gunakan untuk tekanan tinggi atau dalam aplikasi volume aliran yang lebih besar. hal ini akibatnya juga berimbas dengan harga, karna adanya kemampuan safety yang lebih terjamin dan memiliki kemungkinan bocor lebih sedikit, harga globe valve cenderung lebih tinggi di banding dengan gate valve.

Susunan globe valve ini, sepintas sama dengan gate valve. dimana ia memiliki bonnet, seat dan stem yang juga di milik oleh gate valve. Loh apa pengertian dari masing masing part tersebut? sabar, saya akan membahas lebih dalam di alenia selanjutnya

Bagian bagian globe valve.

bagian bagian globe valve

1. Body Valve

Sesuai namanya, ini adalah body dari globe valve. atau kalau di terjemakan bahas kita, ini adalah badan nya. ia mencakup sebagian besar dari globe valve.

2. Bonnet

Bonnet adalah bagian dari valve yang terdiri dari packing box, steam seal dan jalur dari stem. bonnet ini adalah ruang (bagian) yang dapat di lepas nantinya untuk mengganti disk atau bagian internal lainya. bonnet juga berfungsi sebagai jalur dari stem agar ia bisa bergerak naik dan turun.

3. Stem

Stem merupakan bagian valve yang berbentuk batang, di stem ini terdapat ulir yang memungkinkan valve bisa bergerak naik dan turun untuk mentup. di bagian atas steam, kita bisa menyebutnya dengan handweel, atau menurut bahasa kita adalah stir karena memang bentuknya seperti stir mobil. ini yang nanti nya akan di pegang untuk memutar si valve.

4. Seat

Seat kalau diterjemahkan secara bahasa adalah tempat duduk. ya memang seat ini akan menjadi tempat duduk, tempat duduk bagi saiap? bagi disk yang naik turun. kalau disk ia bergerak naik dan turun karena fungsinya yang menutup valve, pada seat bagian ini adalah yang diam, ia berada di dalam body valve.

5. Disk

Disk adalah piringan yang bergerak naik dan turun yang berfungsi untuk menutup valve. disk ini akan memiliki bentuk yang berbeda beda yang merupakan dasar pembagian kita untuk jenis jenis globe valve. saya akan bahas lebih detail di bawah.

kelemahan penggunaan globe valve.

disamping memiliki keuntungan sistem throttling dan pembukaan cepat? apakah globe valve tidak memiliki kelemahan? tentu tidak juga.


Valve Throttle Action On/Off Function Isolate Function Bi Directional Flow Realiability of Valve Seal
Gate No Yes Yes Yes Excelent
Ball/Plug No Yes Yes Yes Very Good
Needle Yes Yes Yes No Excelent
Globe Yes Possible Yes No Good
Butterfly Yes Yes No Yes Poor
Relief No Yes N/A No Very Good
Check No Yes N/A No Very Good
Ball-Check No Yes Yes As Required Good
Automatic Control Yes Possible No Possible Average

Kelemahan dari globe valve ini adalah ia hanya bisa digunakan satu arah, ketika aliran nya dari arah yang berbeda maka valve ini tidak dapat berfungsi dengan sepmpurna. disamping itu kelemahan lain dari globe adalah karena bentuknya yang tidak sejalur dengan aliran, maka aliran dapat berubah arah dan itu akan mengakibatkan resistansi terhadap aliran dan dimungkinkan terjadi turbulensi. akhirnya ia akan menghasilkan presure drop yang lebih tinggi dibanding dengan gate valve.

Apa itu presure drop? presure drop adalah penurunan tekanan, tentu saja tekanan di sini adalah tekanan dari aliran fluida. jadi, kalau di kaitkan dengan penjelasan globe valve tadi, maka aliran yang keluar dari globe valve dibanding dengan gate valve maka tekanannya akan lebih rendah.

Jenis globe valve dari tipe Disknya

A. Needle valve

globe valve type needle
Needle valve, valve yang disk nya berbentuk jarum ini adalah salah satu jenis globe valve yang bisa digunakan untuk mengontrol aliran pada instrument. needle valve memiliki fungsi yang hampir sama dengan balvalve yang sudah di sebutkan, yang membedakan hanya ia presisi. valve jenis ini biasa digunakan untuk kalibrasi karena ia finely tuned, apa itu finely tune? ya kalau saya boleh mengistilahkan yaitu sangat mudah di setel atau di atur.

valve yang diambil namanya dari bentuk disk nya yang berbentuk cone (kerucut) dapat menahan tekanan yang sangat tinggi. ia bisa menahan sampai dengan 10000 psi pada temprature normal.

Apa yang menjadi alasan bahwa valve jenis needle ini bisa menahan pressure yang cukup tinggi? adalah karena bentuk nya. bukaan valve pada umumnya lebih kecil dibanding dengan keseluruhan body dari valve. dengan ruang yang kecil ini, maka prinsip oriffice terjadi. dimana aliran akan semakin besar namun tekanannya menjadi turun di sekitar ini. untuk memahami mengenai cara kerja orifice, silahkan baca artikel saya di jenis special flange, cari bagian mengenai orifice flange. disana saya menjelaskan mengenai cara kerjanya.

B. Parabolic globe valve & Plug globe valve 

Salah satu jenis nya lagi yaitu parabolic globe valve, karena memang bentuk disknya mirip seperti parabola.

jenis globe valve dari disk nya
image credit : http://babcockvalves.com

Yang termasuk jenis globe valve lagi adalah plug globe valve, dinamakan juga dari bentuk disknya. namun yang perlu di perhatikan adalah, plug globe valve ini berbeda dengan plug valve. saya menambahkan kata globe valve, supaya membedakan dengan plug valve biasanya. Untuk jenis plug valve, itu mirip dengan prisip kerja dari ball valve. lain kesempantan kita akan bahas detail mengenai ball valve.

Jenis Globe valve dari bodynya.

selain beberapa jenis atau perbedaan dari disknya, globe valve juga bisa di golongkan dari bodynya. untuk mempermudah pemahaman, saya buat gambarnya urut sesuai dengan penjelasannya, jadi sambil membaca bisa melihat gambar detailnya di bawah ini :


tipe globe valve dari bodynya
Image Credit: Valve Handbook

1. Tee pattern Globe valve

Jenis ini adalah yang paling umum, beberapa gambar yang sudah di tampilkan merupakan jenis dari tee pattern. Diman alirannya lurus, dan bentuk diafragmanya berbentuk Z (Z-shape).

2. Angle pattern Globe valve

Untuk angle valve, seusuai namanya ia berbentuk sudut (angle) 90 derajat. karakteristiknya ia memiliki karakteristik yang baik dalam menahan aliran pulsation. apa itu aliran pulsation? adalah sejenis aliran yang memiliki hentakan. Seperti keluaran kenalpon, gas itu menghentak dug dug dug, kurang lebih seperti itulah aliran pulsation hanya bedanya disini mengunakan fluida cair atau liquid.

3. Wye pattern Globe valve

Untuk wye glove valve, bentuk stemnya bersudut 45 derajat. seperti sebelumnya kita bahas kalau di globe valve ini memiliki presure drop yang tinggi, maka tipe wye ini adalah salah satu alternatifnya. Karean sudut wye yang 45 derajat, maka ketika valve membuka ia akan memberikan ruang yang relatif lurus untuk aliran fluidanya sehingga resistansi dari aliranya dapat berkurang.

Pengunaan dari globe valve

Beberapa pengunaan globe valve adalah karena alasan beriku:

  1. Untuk cooling water system, dimana aliran perlu untuk di atur 
  2. High-point vent and low-point drain dimana kebocoran (leak tighness) dan safety menjadi prioritas 
Saya pikir artikel singkat ini cukup untuk menjelaskan mengenai globe valve, lain kesempatan kita akan membas lebih dalam mengenai tipe valve lainya. Bila artikel ini bermanfaat, bisa di share di tombol di bawah agar tidak lupa dimana pernah membaca mengenai globe valve dan jenisnya.

0 Response to "Penjelasan Mengenai Globe Valve dan Jenisnya"

Post a Comment