Membaca Gambar Isometric Piping



Isometric drawing atau gambar isometrik adalah gambar routing dari sistem pemipaan yang di buat dalam selembar kertas 2D dengan pandangan isometric sehingga menimbulkan kesan gambar yang realistik (3D). Pada isometric mewakili tampilan plan dan elevation dalam satu kertas, sehingga seolah olah tampilannya menjadi 3D. Dengan demikian, akan lebih jelas membaca dan memahami gambar isometric.

Pada dasarnya, membaca gambar isometric adalah mudah karena tampilannya yang sudah 3D sehingga orang dapat mengira-ira seperti apa bentuknya. Kesulitannya hanya karena bisa jadi belum terbiasa dalam membaca gambar tersebut. Selain belum terbiasa, kesulitan paling besar adalah ketika gambar membentuk sudut tertentu dan kemudian di gambarkan mengunakan arsiran. Di sudut tertentu inilah biasanya orang tidak mudah untuk memahami gambar atau routingnya.

Arah Mata Angin Piping Isometric
Sebelum membahas lebih dalam mengenai membaca gambar isometricnya, perlu di tekan kan disini saya tidak akan membahas piping isometric drawing secara lengkap. Mengenai bagian atau penjelasaan tentang seperti apa piping isometric drawing, pernah saya singgung di artikel sebelumnya. Dan kali ini saya akan fokus untuk membahas bagaimana membaca routing nya dari piping isometric drawing.

Arah Garis Isometric Sesuai Mata Angin

Untuk membaca isometric drawing, sebelumnya kita perlu memahami dulu arah mata angin pada isometric drawing. Untuk arah utara, biasanya di tuliskan di pojok kiri atas dan menunjuk ke arah diagonal. Seperti halnya arah mata angin yang kita kenal, Utara Timur Selatan Barat akan di tampilkan di isometric. Pada intinya, selain garis vertical (atas bawah), semua pipa itu akan mengarah ke arah mata angin, tinggal di urutkan saja dari Utara Timur Selatan sampai ke Barat sesuai dengan arah utaranya di isometric. Lalu apa fungsi dari garis vertical tersebut? garis tersebut menunjukan elevasi dari pipanya, sampai ketinggian berapa pipa tersebut. Sisanya, merupakan pipa dengan arah horizontal.

Latihan Membaca Isometric 1
Sekarang mari langsung ke prakteknya membaca gambar isometric. Saya punya gambar isometric dengan garis merah di atas, pertanyaannya, seperti apa routing nya di mulai dari tanda X?

Routing nya adalah, pipa tersebut bergerak ke Barat (horizontal), kemudian ia naik ke atas, lalu ia bergerak ke utara (horizontal), lalu ke Timur dan kemudian dia turun. Bisa di pahami sampai sini? Perlu di ingat, untuk memahami routing diatas, perlu di ketahui dulu patokannya, yaitu arah utaranya. Kebetulan di isometric di atas -dan biasanya isometric di indonesia, arah utaranya ke pojok kiri atas. Ada kalanya arah utaranya ke pojok kanan atas.

Latihan Membaca Isometric 2

Latihan Isometric 2

Kira kira routing pipanya nya seperti apa di mulai dari tanda X?

Routing nya adalah, pertama yaitu flange yang arahnya face nya ke timur di sambung dengan elbow yang turun ke bawah. Lalu elbow tersebut bertemu valve yang di apit oleh flange yang arah pipanya ke bawah.  setelah ke bawah, ia bertemu elbow yang routing nya ke arah barat. lalu sedikit naik dan kemudian routing nya ke arah utara. Paham sampai di sini?

Tapi ingat ya, saya mencoba membantu memahami baru dari segi arah, belum dengan ukurannya. Sebab untuk ukuran menurut saya gampang sekali, karena tinggal sesuai angkanya, asal routing pipanya sudah paham. Kalau routing pipanya saja belum paham, panjang atau ukuran jarak tersebut menjadi tidak berguna sama sekali.

Masih di gambar yang sama, kalau kita menelisik seperti apa bentuk aslinya, maka akan terlihat kira kira bentuk routing pipa nya seperti berikut :
Ilustrasi Piping Dari Isometric Sebelumnya


Beberapa contoh diatas, adalah pipa yang searah dengan mata angin, atau kalau pun ia berbelok, maka ia akan belok dengan tegak lurus, dengan sudut 90 derajat. Bagaimana kalau ia belok dengan sudut yang bukan 90 derajat? dan bagaimana pula penggambaran isometricnya?

Loh memang ada ya routing pipa yang membentuk sudut? jawabannya banyak. Lalu kenapa ia bisa membentuk sudut? ada banyak alasan atau pertimbangan, misalnya minimum spool tidak terpenuhi, makanya perlu untuk di bentuk sudut. atau bisa jadi karena pertimbangan flexibilitas dari stress engineer, atau bisa jadi untuk menghemat komponen fitting. Berikut contohnya.

Pipa Isometric Membentuk Sudut
Missal, contoh di atas adalah salah satu contoh routing dimana gambar yang sebelah kiri, dimensi dari A ke B ternyata kurang dari 1000mm. Disamping itu, jarak dari B ke C pun tidak fitting to fitting melainkan ada sedikit spool. Kadang, dalam satu project ada minimum spool, yaitu panjang minimum satu potong pipa, dalam hal ini contoh nya minimum spool nya adalah 1 meter. A ke B, tentu tidak masuk, apalagi dari B ke C, minimum spoolnya tidak masuk. Solusinya seperti apa? solusinya ada pada gambar di samping nya, sebelah kanan nya.

Jadi, gabungkan saja dari A langsung ke C. dalam hal ini menghemat satu fitting yaitu elbow di B tidak lagi di gunakan. Lalu apakah jarak dari A ke C bisa lebih dari 1000mm? tentu bisa, kenapa? ingat kembali tereoma pitagoras, jarak diagonal tentu lebih panjang dari jarah horizontalanya.

Karena pipa di tarik langsung dari A ke C, maka ia tidak 90 derajat dari horizontalnya. Artinya ia membentuk sudut tertentu yang kita tidak tahu, perwakilan sudut tersebut akan di gambarkan lewat arsiran seperti gambar di samping kanan nya.

Berita baiknya, kita tidak perlu susah susah menghitung pangjang dengan tereoma phytagoras ketika kita hanya akan membacanya, karena semua sudah otomatis dari sistem, oleh karenanya kenapa kita harus sofware SP3D atau PDMS? karena praktis hasilnya. Nanti tinggal di extrack dari model, jarak horizontalnya termasuk diagonalnya akan muncul di isometric, praktis!. Namun kalau anda sebagai engineer suatu saat butuh sudutnya, anda perlu tau cara menghitungnya.

Latihan Isometric 3

Latihan Membaca Isometric 3
Lalu bagaimana dengan isometric routing disamping dimulai dari tanda X?

Yaitu pipa bergerak ke atas kemudian ke arah utara namun sedikit naik, lalu ke arah Timur dan bertemu dengan flange, kemudian spectacle dan valve. Gambar isometric di atas adalah gambar lengkap, artinya ia juga di lenkapi dengan dimensi atau jaraknya. Senada dengan pembahasan sebelumnya, terlihat pipa yang diagonal (704mm) lebih panjang daripada pipa yang horizontal (609mm) pada wilayah yang di arsir. Untuk tahu nominalnya, silahkan di cross check dengan teori phytagoras.

Bagaimana Arah Arsiran Isometric?

Untuk arsiran, arah arsirannya pada isometric tergantung dari pipa itu kearah mana? kalau pipa itu ke atas naik nya (membentuk sudut nya) maka arsirannya ya naik, dalam hal ini vertical seperti contoh sebelumnya. Kalau pipa nya ke arah utara namun ia bergerak ke timur sedikit, maka arsiranya pun horizontal.

Perbedaan Arsiran Pada Isometric
Sekarang kita masuk ke contoh, satu routing bisa terbaca dua persepsi terngatung arsirannya. Coba lihat isometric A dan B, lihat garis merahnya, kedua pipa ini typical namun ia berbeda dalam arsiran.  Bisa di pahami mana kira kira yang bergerak ke utara (murni)?

Bila di lihat, routing pipa A, dari X ia bergerak tidak ke utara, melainkan sedikit serong ke timur. Sudut yang di bentuk dari pipa A adalah sudut horizontal dari utara ke timur. Berbeda dengan pipa B, dari arah X ia bergerak ke utara, tapi sedikit ke atas. Jadi sudut yang di bentuk adalah sudut vertical, yaitu antara utara dan ke atas, kalau di istilah jawa, yaitu sedikit "ndangak". Apa yang membedakan keduanya? arsirannya. 

Semoga artikel sederhana ini dapat menambah paham mengenai bagaimana cara membaca piping isometric

0 Response to "Membaca Gambar Isometric Piping"

Post a Comment