Perbedaan Nozzle dan Flange

Pernah terpikir tidak, apa si bedanya Antara nozzle dengan flange? | bagi anda yang baru di dunia piping, mungkin pertanyaan di atas sering kali terlontarkan atau paling tidak pernah terbesit. Sewaktu di mechanical, saya pun sama. Sedikit bingung Antara nozzle dengan flange.


Apakah nozzle itu?

nozzle pada vessel

Nozzle adalah suatu saluran dari sebuah vessel yang menghubungnkan vessel dengan pipa, atau fitting atau instrument lainnya. Jadi kalau vessel sebagai ruang penyimpanan, baik bertekanan atau tidak, nozzle inilah yang berfungsi sebagai ruang keluaran. Soalnya, bagaimana mungkin kita memasukan fluida ke dalam vessel, tanpa saluran keluaran atau penghubung seperti nozzle ini.

Lalau apa itu flange?


Flange adalah sebuah mekanisme, yang menyambungkan antar element pemipaan. Fungsinya flange, agar element tersebut lebih mudah di bongkar pasang tanpa mengurangi kegunaan untuk mengalirkan fluida pada pressure yang tinggi. Saya pernah membahasnya lebih detail dalam jenis jenis flange atau type flange berdasarkan facenya.

Lalu apa bedanya flange dengan nozzle?


Kalau di lihat bentuknya, memang sama Antara flange dan nozzle, hanya saja nozzle menempel pada vessel. Padahal Pada dasarnya, flange adalah bagian dari nozzle, ia di pergunakan di nozzle dengan mengunakan pipa ataupun tidak. Sehingga membuat nozzle mudah untuk di bongkar pasang dengan pipa yang menyambung kedalamnya.

Untuk leher nozzle, adakalanya menggunakan pipa ataupun lempengan plat. Seperti kita tau, nozzle memiliki projection (panjang nozzle dihitung dari CL vessel) tertentu, padahal kita tau tinggi flange sendiri terbatas. Oleh karenanya, flange tersebut harus di sambungkan dengan sebuah pipa. biasanya, pipa yang di sambungkan dengan flange ini diameternya kurang dari 14”.

nozzle 14 inc keatas pada vessel

Sedangkan untuk nozzle yang ukurannya lebih dari 14”, biasanya flange akan disambungkan dengan plat yang di rol dan bukan menggunakan pipa. Contoh nya pada manhole, lubang pada vessel yang di peruntukan untuk keluar masuk orang dalam rangkan mainenace atau pemasangan internal.

Adakah flange yang menjadi nozzle?

Ada kalanya, flange tidak disambungkan dengan pipa pada vessel seperti telah di sebutkan sebelumnya. Flange yang langusng menjadi nozzle ini adalah tipe flange yang memang tidak membutuhkan pipa, karena ia sudah cukup panjang untuk di temple pada vessel. Ada dua jenis yang biasa di pakai, yaitu long weldingneck (gambar di bawah) dan satu lagi self reinforcement flange.

Long weld Neck


Kalau self reinforcement flange, termasuk jenis flange khusus yang di desain dan pesang langsung. Biasanya kita mengajukan perhitungannya ke vendor lalu akan indent pengirimannya. Saya akan membahas self reinfocement flange dalam jenis special flange dalam sistem pemipaan. Saya harap sudah lebih paham beda Antara nozzle dengan flange.

4 Responses to "Perbedaan Nozzle dan Flange"

  1. dunia piping...?!
    nozzle mah pernah denger hawar-hawar..flange hadeuh baru denger...wah sama sekali minimal pisan ilmu saya soal dunia piping mah kang.
    salam sehat dan ceria selalu saja deh ya dari sayah.

    ReplyDelete
  2. Saya baru tahu dua istilah ini gan, makasih ilmunya...

    salam kenal dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  3. nggak ngerti kang dulunya sekolah di ekonomi tapi setelah membaca ya, sedikit sedikit taulah meskipun dikit dikit, itulah gunanya membaca dari yang tidak tahu menjadi tahu. thanks ulasannya membuat saya belajar hal baru...

    ReplyDelete
  4. flange sangat diperlukan ketika kita akan mengkoneksi pipa berbahan selain Nylon atau PVC,misalnya galvanis,besi,alumunium casting dsb...sangat memberi pencerahan gan artikel ini tentang flange dan nozzle

    ReplyDelete