Jenis Special Flange dalam Sistem Pemipaan

Flange flange special yang akan saya sebutkan ini, memang sengaja saya kelompokan sendiri. Tidak termasuk jenis flange berdasarkan ANSI yang pernah saya bahas, walaupun dapat dibedakan dari jenis flange facenya tapi tetap saya pisahkan. Flange special ini saya pisahkan karena memang digunakan pada kondisi khusus, tidak secara umum.

Apa saja jenis jenis flang special ini?


1. Long welding neck


Long Welding Neck

Tipe flange ini mirip dengan welding neck flange, bedanya ia biasanya digunakan sebagai pasangan dari nozzle yang tidak memerlukan pipa. jenis flange ini cukup panjang, sehingga tidak membutuhkan pipa ketika disambungkan ke vessel yang nantinya berfungsi sebagai nozzle.

Biasanya jenis flange long weld neck (LWN) ini digunakan ketika service yang korosi dan setiap nozzle harus di cladding namun karena ada ukuran pipa (nozzle) yang kecil maka di pesankan tipe weldneck sekalian. Pengunaan tipe long welding neck ini untuk menghindari diameter yang terlalu kecil paska di cladding, jadi lebih baik satu flange di pesankan stainless steel.

Ada juga penggunaan LWN ini karena memang di perlukan ratting yang tinggi. Karena flange ini tidak disambungkan dengan pipa, maka tebal dari dinding lehernya itu akan berfariasi tergantung dari rattingnya. Semakin tinggi rattingnya, maka semakin tebal dinding lehernya. 

2. Self Reinforced flange



self reinfocement flange

Self reinforcement flange adalah flange yang dibuat khusus, di desain kusus untuk menahan pressure yang tinggi. Karena pengunaannya tertentu, maka perhitugannya pun biasanya dilakukan oleh senior engineer, soalnya waktu saya di mechanical saya belum boleh diperkenankan untuk merancang self-reinforment flange. Pemesanan flange ini paling cepat membutuhkan waktu 3 bulan, jadi harus benar benar di rencanakan dengan matang ketika akan menggunakan tipe flange ini.

self reinfocement flange atau forging flange

Dari segi bentuk, ia mirip dengan long weldneck. Yaitu flange yang memiliki leher panjang, karena untuk menjamin kekuatan maka dikurangi mode pengelasan, langsung dibuat panjang untuk lehernya. Flange yang di kenal dengan sebutan forging ini tidak pernah di gunakan dalam sambungan pipa, ia biasanya langsung digunakan untuk vessel, maka kita menyebutnya dengan nozzle. Nozzle ini nantinya cukup kuat pada dindingnya, oleh karenanya ia tidak lagi membutuhkan pad pada vesselnya. Lalau apa bedanya nozzle dengan flange? Silahkan di pelajari di dartikel saya sebelumnya.

forging flange


3. Orifice flange


Orifice flange lengkap

Orifice flange digunakan untuk mengukur laju carian atau gas yang melalui sebuah pipa. pada dasarnya, jenis flange ini mirip dengan flange lainya, hanya saja terdapat lubang kecil yang nantinya untuk mengukur laju aliran. Dalam setiap pasang orifice flange, biasanya teradapat jack screws, yang
nantinya berfungsin untuk memisahkan kedua orifice flange hanya dengan memutar bautnya.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara orifice flange bekerja?


rumus Orifice flange

Orifice flange bekerja seperti halnya prinsip orifice. Yaitu ia mengukur beda tekanan yang terjadi Antara dua fluida yang melalui celah kecil (lihat gambar di atas). Jadi ketika pipa di alirkan fluida (D1), kemudian fluida itu menabrak plat yang kuruannya lebih keci (D2). maka akan fluida akan mengalir lebih cepat pada lubang, sebagai gantinya tekanannya turun pada P2. Perbedaan tekanan yang terjadi Antara P1 dan P2 inilah yang kemudian di ukur, lalu akan di terjemahkan menjadi kecepatan aliran melalui sebuah rumus.


Bagian Bagian Orifice flange

Kalau di pecah, oriface flange juga memiliki bagian seperti pada umunya orifice. Lihat gambar di atas, nomer 1 (orifice plate), plat yang memiliki ukuran diameter lebih keci (nomer 2) dari ukuran pipa. sedangkan untuk pengukurannya sendiri, ia memiliki lubang di dalam flange yang nantinya mengalir ke luar (nomer 3, tapping).

Itu lah beberapa tipe flange yang memang tidak banyak di gunakan secara umum, flange tersebut saya kategorikan sebagai special flange

2 Responses to "Jenis Special Flange dalam Sistem Pemipaan"