Komponen Penyusun Sistem Pemipaan Part 2

Sebelumnya kita telah belajar sebagian dari istilah dan komponen dalam sistem pemipaan, mari kita lanjutkan memperdalam komponen komponen yang ada dalam sebuah sistem pemipaan dalam untuk lebih dalam mengerti tentang system dalam sebuah pipa. Dari artikel sebelumnya, kita mengenal apa itu pipa, fitting, flange, valve dan juga strainer. Maka pertanyaan selanjutnya dari squense gambar sebelumnya adalah, kalau nozzle dari tank 3 berekspansi, maka kita membutuhkan apa?

expansion joint

Kita akan membutuhkan namanya expansion joint. Expansion joint ini biasanya digunakan untuk meredam expansi (pemuaian panjang) yang dibatasi oleh jarak atau ruang. Petanyaan selanjutnya adalah, ketika fluida mengalir, maka ia akan memiliki parameter berbeda dari sisi pressure, temperature sama flow rate (laju aliran). Kita butuh alat yang dapat mengukur itu semua, kita butuh apa?

Dasar Sistem Pemipaan

Kita butuh instrument. Peralatan instrument ini yang nantinya mengindikasikan, mencatat dan mengenadikan aliran di dalam pemipaan. Dan sekarang ke pertanyaan selanjutnya, pipa pipa dan semua komponen tersebut memiliki berat kan. Lalu apakah dibiarkan ngambang begitu saja? Kita butuh apa lagi untuk dapat menopang pipa pipa tersebut?

Dasar Sistem Pemipaan

Kita butuh namanya support. Ada banyak jenis support, semua tergantung dari referensinya juga perhitugnannya. Yang kita kenal beberapa jenisnya adalah, stopper (limit), guide, ancor dan hanger. Biasanya untuk judgment (penetapan) seperti apa support yang harus di pasang dalam pemipaan tersebut, akan di lakukan oleh tim stress analys engineer setelah dilakukan kalkulasi terhadap tengangan pada pipa.

Setelah secara garis besar kita mengenal dasar system pemipaan, kita akan lebih paham dengan seringnya bertemu alat alat tersebut, dengan sendirinya kita akan hapal. Dan lewat seringnya membaca dan diskusi mengenai system pemipaan, kita akan mengerit satu persatu kapan alat alat tersebut akan digunakan. Sebenarnya apa yang saya sampaikan disini ada dalam bentuk powerpointnya, anda akan lebih paham kalau melihat seperti apa prosesnya melalu animasi sederhana yang di tampilkan oleh powerpoint tersebut. Ada bisa mendownloadnya di Download Basic Piping Design Powerpoint

3 Responses to "Komponen Penyusun Sistem Pemipaan Part 2"

  1. jd makin lenkap penjelasannya
    cz tersedia power point juga ya :)

    ReplyDelete
  2. dear admin idpipe.

    Materinya sangat bagus, dan menyetuh sekali dengan tahap-tahapan yang berurutan..

    Sangat apresiasi dengan tulisan Anda.

    Mohon izin untuk dijadikan materi dalam kuliah saya.

    Tentu dengan memasukkan sumber link ke blog anda ini sebagai sumber tulisannya.

    ReplyDelete