Contoh Simbol Piping Instrument Diagram (PID)



Membahas mengenai Piping instrument diagram, tidak lepas dari namanya simbol simbol dari piping instument diagram itu sendiri, atau kita mengenalnya dengan sebutan PID Legend. karena basis nya PID itu ada di legend, semua informasi mengenai piping instrument diagram tersedia di legend.

Sebenarnya, legend dari Piping instument diagram itu berbeda beda tergantung dari projectnya, oleh karenanya simbol nya pun berbeda beda. Oleh sebab itu saya tulis di judul dengan kata "contoh", karena ini hanya untuk contoh, bukan untuk patokan. Sebagai gambaran kecil saja untuk memahami PID.

Untuk pembahasan mengenai piping instument diagram sendiri pernah saya bahas berkali kali di blog ini, salah satunya bisa di pelajari di cara memahami PID dan pengertian upstream dan downstream di PID. Di artikel kedua, saya melengkapi penjelasan dari artikel pertama mengenai contoh bagaimana membaca PID dan structurenya. Sekaran kita akan membahas sedikit mengenai simbol simbol PID.


Simbol PID dari Valve



Yang paling umum dan selalu ada dalam PID adalah simbol Valve, karena akan banyak sekali valve dalam PID. Simbol valve sendiri terdiri dari berbagai macam jenisnya, sesuai dengan bentuk dan fungsi valve itu sendiri. Dalam membaca simbol valve di PID, kita harus teliti dengan simbolnya, Soalnya simbolnya mirip mirip. Contohnya, Antara simbol globe valve dan ball valve, sama sama mengunakan bulatan hanya saja yang globe itu bulatannya hitam yang ball valve itu bulatannya isinya kosong (warna putih). Kadang suka tertukar kita dalam memahaminya, so belajar untuk di familiarkan.

Disini syaa tidak membahas mengenai pemlihan valve atau pengunaan valve, karena itu orang proses lebih tau dan kita akan fokus ke cara membacanya, terutama dari simbol valve itu sendiri. Untuk pengunaan valve, saya pernah menyingung sedikit di artikel perbedaan pengunaan ball valve, globe valve dan gate valve.

contoh membaca PID
Ok, sekarang kita belajar cara membaca simbol valve dari PID. gambar di atas adalah contoh dari konfigurasi control valve, dimana ia di keliling oleh banyak valve yang bisa di sebut dengan control valve set.

Kita akan membaca dari kiri ke kanan, maka setelah bypass line kita akan menemukan sebuah simbol flange dengan valve yang berupa Gate valve (tanda nomer satu dia tas valve, dan tulisan LO di bawah valve simbol), darimana tau kalau itu gate valve? silahkan lihat di gambar simbol simbol valve di atas, maka ia akan mengarah ke gate valve. terus ka arah kanan kita akan menemukan percabangan (ke arah bawah) dimana ia berfungsi untuk drain, Pertanyaannya dari mana tau kalau itu drain? karena ada simbol "D" yang menunjukan drain. disamping itu lihat tanda 1", ia manunjukan ukuran cabang dan valvenya yaitu satu inch, ukuran umum utuk drain. tipe valve di drain ini adalah lagi lagi gate valve, karena simbolnya demikian. Dan tanda NC di drain ini maksudnya adalah Normali Close, artinya dalam keadaan normal ia akan tertutup. Di bawah tanda valve dan di atas tanda D, ada sebuah garis yang bsia kita artikan itu sebagai blind flange. biasanya actulanya berupa plug atau penutup dari draini valve ini.

Beranjak ke sebelah kanannya lagi, akan ada tandar FC (fail Close), yaitu control valve. lihat tanda PCV! artinya presure control valve, sembuah valve yang mengatur pressure yang ada di dalam sistem pemipaan. Mengenai control valve, pernah saya jelaskan di artikel memahami cara kerja control valve

Sisi sebelah kanan nya lagi, kita akan menemukan konfigurasi yang hampir mirip dengan sebelumnya, jadi nda perlu saya bahas kecuali tanda spectacle blind. lihat tandar lingkaran hitam penuh di atas lingkaran hitam kosong (warana putih), ia menunjukan kalau spectaclenya dalam keadaan terbuka, artinya aliran fluida dapat masuk dan keluar sistem pemipaan. beranjak ke sebelahnya ada bypass line dan kemudian PG, PG adalah sebuah istrument yang kita kenal dengan Pressure gauge. PG ini adalah sebuah sensor yang nantinya akan di hubungkan dengan perlengkapan instrument yang pada akhirnya mengatur bukaan dari control valve, karena tipe control valvenya berjenis PCV.

Sekarang kita bahas bagian bawahnya dari line utama, kita bahas dari kiri ke kanan ya. dari kiri simbolnya adalah simbol dari gate valve, sebelahnya adalah globe valve (simbol valve yang ada bulatan hitam di tengahnya). dan lagi lagi ada spectacle blind dengan posisi open.

Simbol PID dari line


Simbol PID untuk lines
Line kalau di terjemahkan secara bahasa adalah garis, namun jangan di telan mentah mentah pengertian garis. Line di sini maksudnya adalah jalur, entah itu jalur pipa, jalur instrument atau jalur kabel lainya.  Beberapa simbol jalur yang umum adalah seperti di samping.

Kita ambil contoh sederhana, yaitu jalur pipa yang hanya berupa sebuah garis. Penting untuk di ketahui, baik itu pipa besar atau pipa kecil, semua di simbolkan dengan sebuah garis. Jadi tidak mentang mentang pipa itu besar, lalu di buat garis yang sangat tebal, tidak seperti itu. Sama seperti di isometric, simbol tersebut hanya garis, kita yang harus tau berapa size pipa nya. Tau nya dari mana? ada dua cara, dari line numbernya kita akan tau berapa size nya. Atau dari valve atau instrument di dekatnya, ia akan di tunjukan berapa size nya. nah size pipa mengikuti ukurannya nya. Namun hati hati cara kedua, kita harus jeli melihat apakah ada reducer atau tidak di sebelahnya. Kalau ada reducer, berati mengikuti ukuran dari reducernya. 

Masih membahas dengan latihan membaca PID, kalau kita jeli, gambar yang tadi kita bahas valvenya ada jenis line yang bentuknya satu garis lurus dan satunya lagi garis putus putus. dua garis lurus dan putus putus yang menyatu ini ternyata memiliki arti, yaitu traced line (sesuai simbol di atas).

Apa maksudnya traced line? kalau di lihat dari asal katanya, trace adalah jejak, sedangkan traced adalah di telurusri (supaya mudahnya, lihat google transalat).Maksudnya pipa utama ini di telusuri dengan sesuatu, biasanya koil atau apapun. Apa tujuannya? biasanya untuk menjaga agar si pipa tetap panas, misalnya dengan koil pemanas (istilahnya Electric Heat Tracing). Salah satu istilah lagi yang kita kenal dan saya pernah membahasnya, yaitu steam heat tracing

Simbol PID Piping items

Simbol Piping Items pada PID

Selanjutnya kita membahas piping item dari piping instrument diagram. Di sini ada beberapa simbol yang di gunakan, ia menunjukan komponen komponen pendukung untuk piping.

Misalnya, beberapa simbol strainer sepert Y strainer, T strainer dan Basket strainer, bisa anda lihat di atas. pertanyaanya? dimanakan biasanya simbol strainer ini di pasang? biasanya ia di pasang di sebelum pompa, yang tujuannya menyaring kotoran agara tidak masuk ke pompa. dan beberapa simbol lain yang bisa anda pelajari sendiri.

Simbol PID inline items


Simbol Inline Item PID
Mungkin di tempat lain pengertian atau klasifikasinya bisa berbeda, namun saya mengunakan istilah yang di saya dapat dari lengend PID yang saya gunkanan, yaitu inline items.

Di dalamnya terdapat, end cap, spectacle yang pernah di bahas sebelumnya, simbol blind flange dan juga simbol reducer. di lihat dari bentuknya, ternyata simbol reducer ada beberapa tipe dan tergantung pula pengunaanya. Mengenai reducer, saya pernah membahas nya di artikel berikut perbedaan penggunaan eccentric dan concentric reducer

Simbol Typical Line atau simbol aliran fluida


Simbol Aliran Fluida di PID
Sebenarnya agak susah ini dalam memberikan nama, di pid aslinya mengukana istilah "typical line hydraulic constraint arragement". Namun saya akan menyederhanakan dengan istilah simbol aliran fluida.

Di bagan ini, kita akan menemukan beberapa simbol yang simbol ini biasanya ada di atas line, contohnya adalah simbol slope di bawah.

Maksud dari slope seperti apa? slope di sini adalah aliran dimana pipanya sengaja di buat miring dengan perbandingan tertentu. kalau melihat contoh gambar di samping, tanda 1:500 di sini maksudnya, setiap jarak horizontal 500, maka ketinggianya naik (atau turun) 1 milimeter. Naik atau turunya, tergantung dari sibol segitiganya, dalam hal ini di arah flarenya lebih tinggi, dan slopenya mengarah ke (biasanya) KO Drum. Apa tujuan slope di sini? biasanya untuk fluida yang slope ini adalah fluida dua fase dimana ia selain mengandung gas juga dapat dimungkinkan terjadi kondensasi dan menghasilkan fluida berbentuk liquid.

Dalam kasus flare, fluidanya berbentuk gas namun sebagian berbentuk oil (liquid). Gasnya tersebut akan di bakar ke flare, sedangkan oil (liquidnya) akan kembali ke KO drum dimana ia akan ditampung. MEngapa di buat slope? karena dengan slope ini, seperti ilmu basic yang kita pelajari bahwa fluida akan mengalir dari tempat tinggi ke rendah, maka diharapkan oil ini akan mengalir kembali ke KO Drumnya, jadilah di buat slope.

Kalau gambar gambar di atas agak kurang jelas,anda bisa mendownload contoh simbol pid di bawah.

Pada link di bawah, saya akan berikan sedikit contoh untuk simbol simbol PID yang saya dapet dari salah satu sumber, namun karena sifatnya contoh, ada beberapa data yang saya sengaja sembunyikan, ya harap maklum. Namun tidak mengurangi isi dan contoh yang bisa di pahami dari simbol simbol PID. Silahkan download di link di bawah.

Download simbol piping instrument diagram

0 Response to "Contoh Simbol Piping Instrument Diagram (PID)"

Post a Comment